Yuk Kenali Penyebab Windows Sering Ngelag atau Nge-Freeze Sendiri !

Salah satu hal yang sering dihadapi para pengguna Windows adalah ketika komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja. Atau yang biasa disebut dengan Freeze. Jika sering terjadi, tentu produktivitas kita akan jadi berkurang.Laptop FreezeLaptop Freeze -Source : 2.bp.blogspot.com

Nah dari pada kita bengong lebih baik kita cari tahu kenapa komputer Windows kita sering nge-Freeze. Ini dia 5 alasan kenapa komputer sering nge-Freeze.

  • Menggunakan Terlalu Banyak Antivirus
    Program antivirus memakan cukup banyak memori. Belum lagi program antivirus selalu aktif setiap kamu membuka komputer. Bayangkan jika kamu menginstall lebih dari satu program antivirus. Nah, mungkin ini penyebab laptop atau komputer kita sering mati sendiri atau nge-freeze.
  • Driver yang Kamu Gunakan Sudah Korup
    Driver selalu digunakan oleh sistem operasi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras komputer kamu. Ketika sistem operasi ingin agar speaker kita berbunyi, maka sebelumnya sistem operasi harus “berkomunikasi” dengan driver. tapi jika driver kita korup bisa mengakibatkan kinerja sistem operasi terhambat. mungkin ini juga penyebab komputer kamu nge-freeze.
  • Terlalu Banyak Membuka Program
    Setiap program dan aplikasi yang ada di komputer kita pasti akan menggunakan sumber daya hardware. Jika kita membuka banyak program sekaligus namun hardware komputer tidak cukup tinggi, maka yang terjadi berikutnya sudah bisa dipastikan komputer kita akan ngelag sampai dengan nge-freeze. Jadi kita haru tahu batas kemampuan komputer kita.
  • Jumlah RAM yang Kecil
    RAM adalah salah satu komponen penting dalam komputer atau laptop. Dengan RAM, kita bisa menggunakan aplikasi dan software komputer agar dapat berjalan dengan semestinya. Tapi jika RAM kita kecil, jangan nekat untuk membuka aplikasi bersamaan agar tidak menyebabkan laptop ngelag.
  • Ada Bugs Di Aplikasi yang Kamu Gunakan
    Terkadang, programmer melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang tidak disadari ketika menulis aplikasinya. Kesalahan penulisan bahasa pemrograman tersebutlah yang akhirnya menimbulkan bugs. Sehingga, aplikasi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dan hasilnya, tidak menutup kemungkinan terjadi hang ataupun Freeze.