Youtube Mulai Perkenalkan Shorts, Video Pendek Layaknya TikTok

Youtube Mulai Perkenalkan Shorts

Mengutip dari Blog resmi Youtube, saat ini Youtube sedang menyiapkan project baru yang bernama YouTube Short. Ini merupakan salah satu aplikasi video pendek layaknya TikTok. Bisa jadi ini merupakan langkah Youtube untuk menghadirkan aplikasi yang bakal jadi saingan TikTok.

Apalagi di masa pendemi, banyak orang mengekspresikan aktifitasnya dalam sebuah video pendek di TikTok. Selain bisa menghibur karena memang lucu, juga menjadi ajang kreasi diri sendiri untuk terus berinovasi dan berkembang. Terutama untuk menghilangkan rasa bosan saat berada dirumah. Karena tidak jarang, saat ini masih banyak yang menerapkan Work For Home (WFH).

Youtube Mulai Perkenalkan Shorts
Youtube Mulai Perkenalkan Shorts

Dan seperti dilansir dari halaman Neowin, project ini pertama kali diperkenalkan pada bulan April lalu, dan lima bulan kemudian kini versi Beta akan segera diluncurkan. Untuk versi beta dari Shorts ini sendiri untuk sekarang hanya tersedia di India saja.

Dari beberapa bocoran menyebutkan jika pada Video di YouTube Shorts akan dibatasi panjangnya hingga 15 detik atau kurang. Selain itu tersedia juga kamera multi segment, dan editor untuk menambahkan musik, speed control, timer, dan hands free recording.

Laju Shorts untuk masuk pasar India tidak mudah, karena juga akan akan bersaing dengan sejumlah platform yang kabarnya juga bergegas mengisi kekosongan setelah larangan TikTok di India. Dalam sebuah pernyataan, wakil presiden manajemen produk YouTube Chris Jaffe menjelaskan Shorts dapat membuat video pendek sangat menarik hanya bermodalkan ponsel.

YouTube Shorts kabarnya juga akan menampilkan ratusan ribu lagu dari mitra seperti T-Series dan Believe Digital. Mereka juga bekerja sama dengan artis musik, label, dan penerbit untuk membuat lebih banyak konten di katalog YouTube Shorts.