UI Android 12 Bocor Di Internet, Perlihatkan Banyak Perubahaan

UI Android 12 Bocor

Bocoran kali ini mengulas perihal UI Android 12.  Dari bocoran yang muncul tersebut terlihat banyak perubahan yang cukup signifikan pada user interface Android 12. Menurut sumber yang menerbitkan bocoran tersebut. Screenshot ini masih merupakan “draf awal” dan masih berupa dokumen yang Google kirimkan ke mitra Android. Walaupun informasi ini masih belum dapat kita pastikan 100% tapi terlihat ada banyak perubahan seperti pada bagian samping indikator privasi. Serta terlihat ada tampilan widget percakapan baru.

UI Android 12 Bocor
UI Android 12 Bocor

Sumber Gambar

Jika benar bocoran tersebut merupakan user interface dari operasi sistem selanjutnya. Maka hal ini merupakan kabar baik karena banyak peningkatan yang bisa kita lihat dalam bocoran kali ini. Yang paling mencolok pada bocoran ini adalah pemilihan warna tema untuk operasi sistem baru tersebut. Nampaknya Google mendominasikan warna krem untuk Android 12. Jika kita bandingkan dengan warna putih warna krem lebih nyaman untuk kita pandang sehingga tidak terlalu mencolok.

Selain perubahan UI, pada bocoran kali ini juga memperlihatkan indikator privasi baru yang mirip dengan iOS. Nantinya pada bilah status akan memberikan notifikasi jika aplikasi mengakses kamera atau mikrofon. Hal tersebut tentunya sangat berguna sehingga user dapat lebih berhati dalam menggunakan aplikasi. Karena kita bisa mengetahui ketika aplikasi yang kita gunakan mengambil gambar atau data suara secara diam-diam.

Nantinya pengguna juga dapat menonaktifkan atau mengaktifkan izin kamera atau mikrofon sepenuhnya langsung dari bilah status. Pada bocoran lain juga memperlihatkan Widget percakapan baru. Yang terlihat menampilkan pesan dan panggilan terbaru. Menurut sumber yang menerbitkan bocoran tersebut.  Mereka menjelaskan bahwa fitur Widget percakapan ini merupakan fitur wajib untuk semua perangkat dengan Android 12.

Untuk Saat ini Google memang belum secara resmi mengkonfirmasi perihal perubahan UI untuk Andsroid 12. Tapi mereka kabarnya telah berkomitmen untuk membuat app store pihak ketiga lebih mudah untukdi gunakan pada Android 12. Bagi anda yang penasaran dengan bocoran UI tersebut anda dapat melihat beberapa gambar berikut.

Bocoran UI Android 12 Baru :

User Interface 1

User Interface 2

Sumber Gambar

Jika kita berpatokan dengan kebiasaan Google. Biasanya mereka mempratinjau versi Android yang baru pada setiap bulan Maret. Pada tahun lalu mereka juga sempat pratinjau developer Android 11 lebih awal tepatnya bulan Februari 2020. Ada kemungkinan sebelum Maret mereka akan menuturkan beberapa hal baru yang tersedia pada Android 12.