Trik Mudah Mengatasi Print Screen Keyboard Tidak Berfungsi

Layar Monitor result

Ketika tombol print screen di keyboard rusak atau tidak dapat digunakan, itu artinya kamu tidak dapat mengambil screenshot di layar komputermu dengan mudah. Ketika tombol ini masih ada, maka kita cukup tekan sekali dan screenshot aka segera tersimpan.Layar Monitor resultLayar Monitor result -Source : shockblast.net

Namun ketika rusak, semua itu tidak dapat dilakukan. Apakah itu membuat kita tidak bisa mengambil screenshot di layar ? Tentu tidak. Kamu masih tetap dapat mengambil screenshot. Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu coba. Pengen tau caranya apa saja. Yuk simak ulasannya sampai selesai.

Cara ScreenShot  Menggunakan Snipping Toll

Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Langkah Pertama Klik tombol Start lalu ketik “snipping tool”. Kemudian kita Klik aplikasi Snipping Tool yang muncul di hasil pencarian.
  2. Berikutnya kamu akan melihat jendela aplikasi Snipping Tool. Nah, untuk mengambil screenshot, kita klik menu New lalu pilih mode screenshot yang tersedia.
  3. Setelah itu kemudian kita pilih bagian di layar yang ingin screenshot. Misalnya halaman aplikasi, website, atau yang lainnya. Selesai.

Cara ScreenShot  Menggunakan On-Screen Keyboard

Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Langkah yang pertama Klik tombol Start > Jalankan program Run.
  2. Di jendela Run, kita ketik “osk” lalu klik tombol OK.
  3. Berikutnya di layar komputer kita akan muncul On-Screen Keyboard. Kli tombol psc untuk mengambil screenshot layakya seperti menggunakan keyboard.
  4. Screenshot kini sudah ada di clipboard kamu. Buka aplikasi Paint, kemudian klik menu Edit > Paste.
  5. Kemudian kita Klik Save di aplikasi Paint untuk menyimpan screenshot kamu tadi.
  6. Selesai.

Nah, itulah cara untuk Print Screen di layar komputer jika keyboard kita rusak atau tidak bisa. sebernarnya ada aplikasi pihak ketiga yang mempunyai fungsi yang sama. tetapi lumayan ribet karena kita harus mendowloadnya terlebih dahulu.