Trik Merekam Layar Pada Android (Screen Recorder)

Trik Merekan Layar Pada Android (Screen Recorder)

Screenshot adalah suatu gambar yang diambil oleh Android atau komputer untuk merekam tampilan yang tampak di layar atau peranti keluaran visual lainnya. Biasanya ini adalah suatu gambar digital yang ditangkap oleh sistem operasi atau perangkat lunak yang dijalankan pada Android atau komputer.

Trik Merekan Layar Pada Android (Screen Recorder)
Trik Merekam Layar Pada Android (Screen Recorder) -Source :image.winudf.com

Sekarang ini fitur screenshot semakin populer dan berkembang. Bahkan muncul fitur lain yaitu Screen Recorder atau rekaman layar. Pernahkah Anda merasa ingin merekam tampilan layar di smartphone Android? Entah ingin menyimpan percakapan video call dengan teman atau menciptakan video tutorial Android dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa merekam layar memang terkadang dibutuhkan.

Vendor Android sebenarnya sudah menyertakan kemampuan untuk merekam layar. Meski begitu, tidak semua vendor Android menyertakan fitur tersebut.

Nah bagi Anda yang ingin merekam layar smartphone Anda namun pada smartphone Anda tidak terdapat fitur yang mendukungnya, Anda tidak perlu khawatir. Pada Kesempatan ini kami akan membahas bagaimana cara melakukan rekaman layar pada smartphone Android Anda. Sebenarnya ada begitu banyak aplikasi yang beredar di Google Play Store untuk kebutuhan tersebut, salah satunya adalah aplikai AZ Screen Recorder. Lantas bagaimana carana?

Berikut langkah-langkah merekam layar menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder :

  1. Langkah Pertama kamu terlebih dahulu Download dan install aplikasi AZ Screen Recorder di Google Play Store.
  2. Setelah di download kemudian kamu install, Setelah terinstal, silakan klik aplikasi AZ Screen Recorder.
  3. Setelah itu akan muncul ikon perekam pada bar notifikasi. Selain itu akan muncul juga floating icon, lalu pilih Setelan.
  4. Pada bagian setelan Anda bisa mengatur resolusi video, bitrate, frame per second dan lainnya.
  5. Selanjutnya kamu kembali ke tampilan layar awal dan tap ikon Recorder hingga muncul countdown atau hitungan mundur pada layar smartphone Anda.
  6. Setelah itu kamu sudah melakukan  perekaman layar.
  7. Apabila Anda ingin berhenti merekam, maka silakan liat tampilan pada bar notifikasi. Disitu Anda akan melihat icon pause, stop, dan tulis. Silakan pilih icon stop.
  8. Setelah itu Anda akan diperlihatkan dengan hasil rekaman layar yang sudah Anda lakukan.

Cukup mudah bukan, Cara me-Record di Smartphoen menggunakan Aplikasi AZ Screen Recorder. Semoga Bermanfaat. Salam Sukses !!!!!