Trik Menjalankan Sebuah Aplikasi Android di Ubuntu Linux

Android Linux

Untuk Menjalankan Sebuah Aplikasi Android di Linux kini dapat dilakukan. Ada seorang Pprogrammer bernama Simon Fels yang membuat program bernama Anbox. Dan Anbox sendiri merupakan kepanjangan dari Android in a Box.

Android Linux
Android Linux -Source : lh6.googleusercontent.com

Nah, Tahukan kamu Fungsi dari Anbox ini ?  program ini berfungsi  untuk menjalankan aplikasi Android di Linux. Dan untuk cara kerja Anbox ini menggunakan sistem virtualisasi, sehingga aplikasi Android bisa berjalan lebih cepat. Dengan menggunakan Anbox, kamu bisa menjalankan hampir semua aplikasi Android. 

Kamu Pasti Penasaran bagaimana cara install dan menjalankan aplikasi Android di Linux? yuk simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Anbox?

Anbox merupakana aplikasi berbasis container yang memungkinkan sistem operasi Android berjalan di atas sistem GNU/Linux. Setiap aplikasi Android akan diintegrasikan ke dalam sebuah SO dan berjalan layaknya aplikasi native.

Cara berjalannya Anbox yaitu menggunakan sistem virtualisasi, dimana setiap aplikasi berjalan layaknya aplikasi native menggunakan hardware perangkat secara langsung. Kelebihan dari menggunakan cara ini ialah aplikasi Android yang dijalankan akan berjalan lebih cepat dan lebih sedikit hardware yang digunakan dan Anbox ini dapat di gunakan di semua Distro Linux selama Linux kamu di Install aplikasi Snap.

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Linux

Seperti yang sudah kami terangkan diatas bahwa hampir semua Distro Linux dapat menggunakan Anbox, yang terpenting harus install Snap terlebih dulu. Kalau kamu ingin install Anbox di Linux, maka harus install Snap terlebih dahulu. Untuk itu simak bagaimana cara isntall Anbox dengan benar.

Langkah Untuk meng-Install Snap di Ubuntu:

Ketik :

  • $ sudo apt update
  • $ sudo apt install snapd

tunggu sampai selesai proses updatenya.

Langkah Untuk Meng-Install Anbox :

ketik :

  • $ apt-get update && apt-get install snap

Tunggulah hingga proses installasi Anbox selesai.

Langkah Untuk Meng-Install Aplikasi Android Menggunakan Anbox:

Ketik :

  • adb install folder/androbuntu/aplikasi.apk

Jika perintah diatas selesai di ketik, maka aplikasi Android kamu akan muncul di daftar aplikasi di OS. Untuk menjalankan aplikasi Android tersebut, cukup klik ikon aplikasi dan aplikasi akan langsung terbuka.Selesai.

Itulah cara menjalankan sebuah aplikasi  android pada sistem operasi Linux. Semoga bermanfaat dan membantu bagi kita. Selamat Mencoba.!!!