Google Chrome

Tips Percepat Kinerja Google Chrome di Android

Siapa sih yang tidak kenal Dengan Google Chrome ? browser ini menjadi browser yang banyak di gunakan di PC maupun Android, Google Chrome juga semakin Populer.

Google Chrome
Google Chrome

Dan sekarang buktinya, Google Chrome dapat digunakan untuk perangkat Android Jelly Bean 4.1 keatas.

Salah satu alasan kenapa Google Chrome Browser digunakan adalah tmapilannya yang simple serta fitur sinkronisassi melalui akun Google. Jika memiliki autofill, bookmarks, history, password dan open tabs akan mudah terhubung untuk di perangkat mobile dan yang ada di desktop. Ditambah proses membuka situs yang cepat memberikan pengalaman tersendiri saat berselancar di internet.

Salah satu alasan Google Chrome pada android ditinggalkan adalah browser ini terasa lag. Bagi perangkat dengan RAM dibawah 2 GB akan merasakan Google Chrome terasa begitu lemot dan lelet. Lemot dan lelet nya bukan koneksi internet yang digunakan tetapi cenderung karena persoalan browsernya. Jika Oprekers memiliki perangkat Android dengan RAM 1 GB contohnya, Google Chrome akan terasa lemot saat melakukan scrolling ke halaman situs.

Sekarang, yang perlu diketahui adalah persoalan RAM yang digunakan Google Chrome. Penggunaan memori RAM secara otomatis dari aplikasi Google Chrome. Browser ini menyesuaikan dari kapasitas RAM yang dimiliki. Sisi minusnya, meski sudah otomatis, browser ini belum dapat berjalan secara optimal karena RAM digunakan masih harus dibagi lagi dengan aplikasi lainnya.

Nah, berarti untuk mengatasi persoalannya adalah mengganti penggunaan memori RAM di Google Chrome. Cara ini sudah dicoba untuk perangkat Android high-end dan low-end. Hasilnya cukup signifikan! Google Chrome lebih cepat dan sudah tidak terasa lag lagi. Tentunya tanpa menyebabkan error pada pada Chrome itu sendiri. Tutorial disini adalah cara mengganti besar RAM yang akan digunakan Google Chrome.

Ini dia cara mempercepat kinerja Google Chrome Android tanpa lag:

  • Buka aplikasi Google Chrome pada¬†Google Chrome
  • Sekarang, tap pada address/search bar.
  • Ketikan alamat chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area lalu tekan enter.
  • Pada webpage akan ada tulisan yang diberikan warna kuning.
  • target tulisan tersebut adalah Maximum tiles for interest area.
  • Sebagai informasi, opsi ini menampilkan besarnya memori yang digunakan Google Chrome. Secara otomatis akan menjadi default. Oprekers dapat mengganti secara manual dengan pilihan 64, 128, 256 dan 512.
  • Sekarang tinggal Oprekers menentukan sendiri nilai RAM yang akan diganti. Jika perangkat Oprekers memiliki RAM 1 GB. Di opsi ini dapat menggantinya ke 512. Jika terasa masih lag, ubah manjadi ke 256.
  • Jika Sudah di Ganti Google Chrome akan minta Restat, taplah pada Notifikasi Relaunch Now yang ada di pojok kanan bawah untuk restat google chrome
  • Setelah kembali sekarang anda dapat memulai menggunakan Google Chrome dan melakukan scrolling tanpa harus patah patah.

Sekian dari Kami semoga bermanfaat, terimakasih atas Kunjungannya ke Solusiana.com sampai jumpa di tips selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top