Tips Pemberian Vaksin Untuk Ayam Jago Kesayangan Anda

Tips Pemberian Vaksi Untuk Ayam Jago Kesayangan Anda

Memberikan vaksin pada ayam aduan merupakan hal yang wajib di lakukan untuk menghindari dari segala penyakit ayam yang bisa datang seketika. Vaksin adalah cara memasukan sebuah bakteri atau bibit penyakit yang sudah di lemahkan pada badan ayam.

Tips Pemberian Vaksi Untuk Ayam Jago Kesayangan Anda
Tips Pemberian Vaksi Untuk Ayam Jago Kesayangan Anda

Tata cara memberi vaksin ayam aduan harus secara berkala bukan secara sembarangan karena akan menyebabkan toksin. Vaksin di berikan pada ayam aduan agar tubuh ayam aduan menjadi kebal terhadap jenis penyakit yang sesuai vaksin yang di berikan pada para botoh ayam tersebut. Biasanya vaksin bisa di lakukan melalui hidung, mulut, penyuntikan, makanan, minuman, dan penyemprotan.

Nah dengan pemberian vaksin yang rutin, tentu ayam kesayangan anda tidak akan mudah terserang penyakit. Kali ini kami akan mengulas mengenai cara pemberian vaksi pada ayam jago kesayangan anda. Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

Tips Pemberian Vaksin Untuk Ayam Jago Kesayangan Anda:

  • Pemberian Vaksin Melalui Tetes Mata dan Hidung

Vaksinasi tetes mata dan hidung dilakukan dengan cara meneteskan vaksin ke mata dan hidung ayam. Caranya, tuangkan pelarut ke dalam botol vaksin hingga terisi 2/3 bagian botol, lalu kocok secara merata. Ganti tutup botol dengan tutup botol untuk vaksin tetes mata. Agar vaksin cepat habis, bagi vaksin menjadi 3-4 bagian yang dipakai secara bersamaan oleh vaksinator yang berbeda.

  • Pemberian Vaksin Melalui Suntik Daging

Vaksinasi suntik daging dilaksanakan dengan cara menyuntikkan vaksin ke dalam daging. Biasanya, penyuntikan dilakukan di bagian dada dan paha. Caranya, sebelum digunakan, kocok vaksin secara hati-hati hingga tercampur merata. Suntikkan vaksin ke daging dengan dosis sesuai anjuran. Semua peralatan yang digunakan harus steril, baik ketika melakukan vaksinasi maupun setelah digunakan.

  • Pemberian Vaksin Melalui Air Minum

Pada vaksinasi melalui air minum, vaksin dituangkan ke dalam air yang disediakan untuk minum ayam. Air yang digunakan untuk melarutkan vaksin harus bersih dan bebas klorin. Peralatan yang harus dipakai harus bebas dari disinfektan lebih dari dua hari. Sebelum diberikan vaksin, ayam harus dipuasakan selama 1 jam. Disamping itu, tempat minum ayam harus terhindar dari sinar matahari langsung.

Itulah berbagai macam cara pemberian vaksin untuk ayam jago kesayangan anda. Semoga dengan cara diatas dapat memudahkan anda dalam pemberian vaksin untuk ayam. Semoga Bermanfaat!