Tips Mudah Mengobati Penyakit Sariawan Secara Alami

Tips Mudah Mengobati Penyakit Sariawan Secara Alami

Penyebab pasti munculnya sariawan hingga saat ini belum diketahui. Tetapi sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam lebih berisiko muncul jika Anda sedang stres, terkena infeksi virus atau jamur, alergi terhadap makanan, atau kekurangan vitamin dan mineral.

Tips Mudah Mengobati Penyakit Sariawan Secara Alami
Tips Mudah Mengobati Penyakit Sariawan Secara Alami

Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya sariawan. Entah itu di pipi dalam, bibir, atau lidah, sariawan bisa terasa sangat sakit hingga bikin malas makan dan bicara.

Meski sariawan tidak berbahaya, rasa perihnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sariawan pun bisa sangat lama sembuhnya, sekitar satu sampai dua minggu. Lalu bagaimana untuk mengobati sariawan tersebut? Kali ini kami akan memberikan tips alami untuk mengobati sariawan anda.

Tips Mudah Mengobati Penyakit Sariawan Secara Alami:

1. Air garam

Berkumur dengan air garam selama kurang lebih 1-2 menit menit dapat meredakan sariawan tanpa obat. Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Anda berkembang makin parah. Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain sebagai obat sariawan alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

2. Baking Soda

Bubuk pengembang kue ini bermanfaat juga untuk mengatasi sariawan. Larutkan baking soda dengan air hangat sehingga berbentuk seperti krim. Kemudian oleskan krim tersebut pada luka sariawan. Bisa juga larutkan baking soda menjadi obat kumur.

3. Madu

Menurut sebuah penelitian, madu efektif dalam mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka, termasuk luka akibat sariawan. Untuk menyembuhkan sariawan, kamu bisa mengoleskan madu sebanyak 4 kali sehari.

4. Daun sirih

Daun sirih sering dikonsumsi dengan cara dikunyah. Tanaman yang umum dipakai dalam pengobatan tradisional ini memiliki beberapa khasiat, di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Itulah sebabnya mengapa daun sirih dapat digunakan sebagai obat herba untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

5. Es batu

Nyeri akibat sariawan kerap membuatmu susah makan dan minum. Agar bisa mengunyah makanan atau minum air dengan lebih nyaman, kamu bisa mengemut es batu pada daerah sekitar sariawan agar nyerinya berkurang untuk sementara waktu.

Itulah tips alami untuk mengobati sakit sariawan anda. Semoga dengan tips diatas dapat membantu anda menyembuhkan sariawan anda. Semoga Bermanfaat!