Tips Mengatasi Apalikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Pada Smartphone Android

Tips Mengatasi Apalikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Pada Smartphone Android

Sistem Operasi di dalam smartphone saat ini lebih didominasi oleh Sistem Operasi Android. Hal ini disebabkan Android lebih mudah didapatkan dari sisi biaya dibandingkan Iphone yang memang lebih diprioritaskan ke kalangan atas.

Tips Mengatasi Apalikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Pada Smartphone Android
Tips Mengatasi Apalikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Pada Smartphone Android

Selain dari sisi harganya, alasan banyak orang memilih Android adalah dari sisi aplikasinya yang juga banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Aplikasi adalah salah satu komponen penting yang ada di smartphone. Aplikasi akan membuat fungsi smartphone jadi semakin lengkap.

Ada dua macam aplikasi, yaitu aplikasi sistem dan juga aplikasi pengguna. Baik aplikasi sistem atau aplikasi pengguna, terkadang terjadi error. Seperti aplikasi yang tidak bisa dibuka pada Smartphone android anda. Nah kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa di buka pada Smartphone anda, yuk simak ulasan berikut ini.

Tips Mengatasi Apalikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Pada Smartphone Android:

1. Restart Smartphone

Untuk percobaan yang pertama, anda dapat merestart Smartphone anda. Percobaan ini memang bersifat tidak pasti, namun tidak ada salahnya untuk anda coba. Siapa tahu aplikasi yang bermasalah tersebut dapat normal kembali.

2. Menghapus Cache File Cache

Cache sendiri merupakan file-file “tersimpan” di dalam sebuah aplikasi. File-file ini sifatnya tidak merusak aplikasi tersebut karena file yang ada di cache hanyalah sementara dan bukan file inti. Untuk menghapus file cache, pertama-tama masuk ke setelan lalu ke bagian aplikasi. Setelah itu, cari aplikasi yang tidak bisa dibuka tersebut lalu klik “hapus cache”. Setelah itu cobalah buka aplikasinya.

3. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Cara yang seperti ini membuat aplikasi akan kembali seperti awal instal sehingga semua data-data yang pernah digunakan dari awal hingga terakhir digunakan akan hilang. Meskipun begitu, aplikasinya sendiri tidak akan ikut terhapus dan masih tetap ada di dalam smartphone. Caranya, buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Nama Aplikasi » Kemudian tap Paksa Berhenti dan Hapus Data.

4. Update Aplikasi

Terkadang aplikasi yang tidak bisa dibuka, mungkin karena sudah kadaluarsa versinya. Biasanya hal ini terjadi jika versi aplikasi yang kamu gunakan sudah sangat jauh dengan versi terbaru. Untuk mengatasi aplikasi android yang tidak bisa dibuka karena alasan ini cukup mudah mengatasinya. Buka Google Play, kemudian perbarui aplikasi tersebut.

5. Install Ulang Aplikasi

Percobaan terakhir yang dapat anda coba yaitu dengan cara menginstall ulang aplikasi. Terkadang terjadi kesalahan ketika pemasangan aplikasi yang mengakibatkan aplikasi tersebut tidak bisa digunakan, tidak bisa dibuka, hingga tidak berfungsi sama sekali. Caranya, uninstall aplikasi dan coba mendownload ulang aplikasi tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga dengan cara di atas, dapat memabantu anda dalam mengatasi masalah aplikasi pada Smartphone Anda. Semoga Bermanfaat!