Tips Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Flu Burung

Tips Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Flu Burung

Flu burung termasuk penyakit yang menakutkan. Namun banyak orang yang tidak menyadari jika pada awalnya penyakit ini berasal dari unggas atau hewan burung peliharaan. Pada umumnya, manusia lebih sibuk menjaga kesehatannya sendiri dan seringkali melupakan jika bisa jadi unggas atau burung peliharaannya malah dapat terkena lebih dahulu penyakit ini.

Tips Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Flu Burung
Tips Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Flu Burung

Unggas yang terinfeksi mungkin sangat sulit untuk disadari oleh mata manusia, karena burung tidak selalu tampak sakit akibat infeksi ini. Bahkan, beberapa masih tampak sehat. Manusia dapat tertular flu burung jika melakukan kontak dengan unggas yang terinfeksi atau kotoran burung.

Penyakit flu burung atau influenza pada unggas adalah suatu penyakit zoonosis, atau penyakit hewan yang bisa menular ke manusia. Penyebabnya adalah,virus influenza tipe A dan ditularkan oleh unggas. Gejala yang biasa timbul adalah demam di atas 38 C, batuk, sakit tenggorokan, nyeri otot, mual, muntah, diare, sakit kepala, nyeri sendi, lesu, sekresi hidung , insomnia, infeksi mata. Lalu bagaimana cara untuk mencegah agar terhindar dari penyakit tersebut? Tenang saja kali ini kami akan memberikan tipsnya untuk anda, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Tips Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Flu Burung:

  • Selalu menjaga kebersihan tangan.
  • Menjaga kebersihan kandang jika memelihara unggas.
  • Memastikan untuk mengonsumsi daging atau telur unggas yang telah dimasak dengan baik, dan tidak mengonsumsi unggas liar hasil buruan.
  • Sebaiknya membeli daging unggas yang sudah dipotong di swalayan atau pasar tradisional yang kebersihannya terjaga dengan baik.
  • Sebisa mungkin, sebaiknya hindari lapak unggas hidup di pasar yang kurang menerapkan kebersihan dengan baik.
  • Menggunakan masker dan sarung tangan ketika berdekatan dengan unggas, termasuk tempat pemeliharaanya.
  • Sebaiknya jarak antara tempat pemeliharaan unggas dengan pemukiman, minimal 25 meter.
  • Mencuci tangan atau lebih baik mandi, setelah berdekatan atau memegang unggas.
  • Jangan menyentuh secara langsung unggas yang sudah mati, kotoran maupun jeroannya.

Itulah tips untuk mencegah penyakit flu burung agar kesehatan anda tidak terganggu. Semoga dengan tips di atas dapat membantu dalam pencegahan penyakit flu burung. Semoga Bermanfaat!