Stylus S Pen Pro akan Meluncur Akhir Tahun Ini

Stylus S Pen Pro

Tepat pada tanggal 14 Januari, Samsung secara resmi mengumumkan smartphone flagship premium terbarunya, yakni seri Galaxy S21. Ya! Ada tiga model seri Galaxy S21, diantaranya Galaxy S21, Galaxy S21+ dan yang lebih menarik ada Galaxy S21 Ultra.

Tak menunggu lama, Samsung pun langsung menawarkan handset ini secara pre-order, termasuk di pasar Indonesia. Galaxy S21 dan Galaxy S21+ dijual mulai harga Rp12.999.000 dan Rp15.999.000. Dan buat kalian yang tertarik memiliki Galaxy S21 Ultra, smartphone ini dijual mulai harga Rp18.999.000.

Stylus S Pen Pro akan Meluncur Akhir Tahun Ini
Stylus S Pen Pro akan Meluncur Akhir Tahun Ini

Sumber Gambar

Satu hal yang menarik, Galaxy S21 Ultra merupakan smartphone yang punya dukungan S Pen. Jadi, Galaxy S21 Ultra bisa dioperasikan layaknya seri Galaxy Note. Namun sayang, Samsung menjual S Pen untuk Galaxy S21 Ultra secara terpisah.

Nah, untuk pembelian Stylus S Pen Galaxy S21 Ultra, konsumen harus mengeluarkan uang tambahan sebesar US$ 40 atau kisaran Rp500 ribuan. Tetapi, harus kalian ketahui, S Pen tersebut tidak mempunyai fitur yang sama seperti S Pen pada seri Galaxy Note20.

Pada acara Galaxy Unpacked 2021, Samsung mengatakan stylus yang lebih besar akan disebut S Pen Pro. Dijanjikan, S Pen Pro bakalan hadir dengan banyak fitur dan tiba untuk smartphone flagship baru di akhir tahun ini. Memang, bisa kita lihat bahwa S Pen Pro jauh lebih besar daripada S Pen untuk Galaxy S21 Ultra.

Bisa dikatakan, S Pen Pro mirip atau terlihat seperti Apple Pencil dalam warna hitam. Tetapi, tak sedikit orang yang mengatakan bahwa Stylus S Pen Pro itu hanya S Pen dari Galaxy Tab S7 dalam warna hitam. Terkait pernyataan tersebut, Samsung juga sudah menyanggahnya.

Sementara, S Pen untuk Galaxy S21 Ultra yang disebut berbeda dengan S Pen pada Galaxy Note20, dikarenakan perangkat tersebut tidak memiliki Bluetooth dan juga Air Gesture. Namun, Samsung menjelaskan bahwa S Pen Pro akan punya kedua fitur tersebut.

Ketika Samsung mengatakan bahwa pengguna lain juga bisa menggunakan S Pen yang tersedia pada Galaxy S21 Ultra, tentunya tak sedikit pengguna yang berpikir bahwa fitur Bluetooth dan Air Gesture S Pen Galaxy Note20 akan hadir di S21 Ultra, bukan? Rupanya tidak! Pengguna hanya mendapatkan fungsi dasar.

Artinya, kalau pengguna menginginkan fitur tambahan ini, harus membeli S Pen Pro. Stylus Samsung ini akan tiba akhir tahun ini, namun tidak menyebutkan harga. Oh iya, Stylus ini juga tidak dilengkapi dengan casing khusus seperti S Pen pada Galaxy S21 Ultra yang ditawarkan sekarang.