Drive USB Tidak Terbaca

Solusi Mudah Mengatasi Drive USB Yang Tidak Terbaca atau Hang

Mengatasi drive USB yang tidak terbaca atau hang tidak cukup mudah, karena hal ini bisa berakibat fatal pada datanya. Jika langkah yang Anda ambil tidak membuahkan hasil, maka Anda bisa akan kehilangan data dalam drive USB tersebut.

Mengatasi Drive USB Tidak Terbaca
Mengatasi Drive USB Tidak Terbaca

Masalah ini kadang banyak kita jumpai dalam perkantoran. Banyak dari pada orang yang bekerja dikantor mengandalkan USB flash drive untuk bisa berbagi data antar satu dengan yang lain. Apalagi jika perangkat mereka tidak terhubung ke dalam jaringan, baik internet maupun jaringan local. Dalam hal ini, Anda tentunya akan kesulitan jika akan berbagi file antar perangkat dengan cara nirkabel. Untuk itu, Anda tentunya lebih mengandalkan USB flash drive yang lebih mudah, cukup hanya dengan mencolokkannya.

Namun yang menjadi masalah, bagaimana jika kemudian USB flash drive tersebut tidak terbaca oleh perangkat Anda ataupun teman Anda? Nah, dalam panduan ini, Penulis akan memberikan langkah-langkah cara mengatasinya.

Solusi Mengatasi Drive USB Yang Tidak Terbaca atau Hang

Masalah USB flash drive kadang tidak ke detect atau hang saat memasukannya ke port USB pada perangkat Anda, baik komputer maupun laptop. Dan ternyata, setelah beberapa kali melakukan riset terhadap masalah ini, terdapat pada fitur pengaturan USB. Khususnya ketika USB selective suspend setting aktif atau enable. Fitur ini pada dasarnya merupakan fitur default yang ada pada Windows 10.

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis sistem mengizinkan manajemen daya untuk menangguhkan atau mematikan port USB. Tujuannya, fitur tersebut bisa menghemat daya dan sangat berguna khususnya jika Anda menggunakan laptop dengan baterai yang minim.

Solusi ini merupakan yang umum terjadi jika Anda tengah memasukkan drive USB yang dalam kondisi normal. Artinya Anda sudah pernah mencolokkan ke perangkat lain dan berfungsi dengan baik. Namun pada perangkat Anda malah hang alias tidak terbaca.

Cara Mematikan USB Selective Suspend Setting Pada Windows 10

1. Masuk ke Control Panel => Hardware and Sound, dan pilih Power Option.
2. Setelah itu, klik opsi Change Plan setting (terlepas dari opsi power plan yang Anda miliki saat ini). Lalu pilih Change advanced power settings
3. Pada bagian ini, scroll kebawah sampai Anda menemukan USB Setting. Lalu klik tanda plus sampai melihat opsi USB selective suspend setting.
4. Klik Disable dan Apply untuk menerapkan perubahan yang Anda lakukan.

Setelah itu, coba colok USB flash drive tersebut ke PC atau laptop Anda.

Akan tetapi bagaimana jika cara ini gagal, maka Anda perlu melakukan pengecekan lanjutan terhadap USB flash drive maupun port USB Anda.

Cek Kondisi Fisik USB Flash Drive

Koreksi port USB dan konektor flashdisk, jika terdapat kotoran bisa jadi itu penyebab flashdisk Anda tidak terbaca. Apabila Anda menemukan kotoran yang mengganjal, coba bersihkan menggunakan kuas pembersih.

Cek Driver USB

Anda perlu mengecek Driver USB pada perangkat Anda untuk memastikan bahwa drivernya tidak bertanda seru kuning. Coba Anda masuk ke Control Panel, lalu pilih Device Manager, dan pilih Universal Serial Bus controllers. Lanjut cek USB Mass Storage Device, jika terdapat tanda peringatan kuning, dapat dipastikan driver USB Anda bermasalah.

Untuk mengatasinya, lakukan update Driver terlebih dahulu.

Cek Status Flashdisk

Anda dapat memanfaatkan Command Prompt untuk memeriksa status USB Flash Drive Anda. Langkah mudahnya, buka Command Prompt dengan klik logo Windows, lalu ketik command prompt. Apabila sudah muncul jendela hitam, ketik perintah chkdsk G:, Ubah huruf G dengan huruf yang sesuai dengan apa yang ditampilkan flashdisk pada PC atau laptop Anda, misalnya F, H dan lainnya.

chkdsk (drive letter): lalu Enter

Kemudian tekan Enter, dan cek apa yang ditampilkan perintah command prompt tersebut. Jika flashdiskmu bermasalah, akan ada pemberitahuan bahwa Windows menemukan error, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Notifikasi Saat USB Terhubung

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top