Samsung Rilis Exynos 1080, Berikut Smartphone Pertama Yang Memakainya

Exynos 1080

Kabar kali ini datang dari Samsung yang disebutkan telah merilis chipset kelas menengah generasi selanjutnya, Chipset tersebut adalah Exynos 1080 yang merupakan chipset mobile pertama yang dibuat oleh Samsung dengan teknologi 5nm EUV FinFET. Chipset yang baru dirilis ini merupakan generasi penerus dari Exynos 980 yang hadir dengan langsung memakai modem 5G.

Exynos 1080
Exynos 1080

Menariknya lagi setelah muncul dalam bocoran Samsung telah memutuskan bahwa mereka bakalan menggunakan delapan-core dengan desain triple cluster yang nantinya bakalan memperlihatkan empat core Cortex A55 dan empat core Cortex A78.

Dengan konfigurasi sedemikina Samsung menyandingkan GPU Mali-G78 MP10 pada Modem 5G dan sudah didukung dengan standar Sub-6 Ghz dan mmWave nantinya chipset tersebut bakalan dapat menikmati downlink dan uplink Cat.18 LTE. Konektivitas lainnya selain 5G ada juga Bluetooth 5.2, semua band WiFi dan Radio FM, sedangkan untuk urusan kamera chipset ini dapat mendukung kamera hingga resolusi 200MP atau dua Kamera 32MP+32MP tak hanya itu pada chpset ini juga sudah support perekaman dengan resolusi 4K dengna 60fps.

Chipset terbaru buatan mereka ini juga dikabarkan telah mendukung standar RAM LPDDR4x dan LPDDR5 selain itu dukungan teknologi UFS 3.1 juga turut hadir pada chipset ini. Sedangkan untuk dukungan pada bagian layar chipset ini sudah mendukung WQHD+ dnegan refresh rate 90hz atau panel FHD+ dengan refresh rate yang sampai 144Hz.

Nantinya Smartphone pertama yang bakalan menggunakan prosessor ini bakalan hadir pada awal tahun 2021 di sebuah event khusus di China, produsen yang terbilang cukup antusias untuk mencobanya adalah Vivo, karena disebutkan mereka bakalan menjadi produsen yang mengadopsi chipset tersebut pertama kali. Hal tersebut sebenarnya seperti terulang kembali karena pada tahun lalu mereka juga cukup berminat dengan Exynos 980.

Bagaimana cukup menarik bukan informasi mengenai perilisan chipset baru dari Samsung ini? semoga bermanfaat terimakasih atas kunjungan anda ke Tips Ponjong , jangan lewatkan berta, tips dan trik menarik lainnya mengenai smartphone disini ya. Sampai jumpa di postingan menarik lainnya mengenai smartphone