Samsung Memperkenalkan Sensor Kamera 50MP ISOCELL GN2

Samsung Memperkenalkan Sensor ISOCELL GN2

Samsung terkenal pada segmen smartphone karena adanya seri Galaxy. Tapi pada kenyataannya Samsung tidak hanya sekedar mengincar pasar smartphone saja. Mereka juga terkenal sebagai penyedia komponen smartphone, bahkan mereka terkenal sebagai penyedia teknologi paling revolusioner. Pada laporan terbaru Samsung memperkenalkan sensor kamera buatannya yang menjadi daya tarik dalam beberapa tahun terakhir.

Samsung Memperkenalkan Sensor ISOCELL GN2
Samsung Memperkenalkan Sensor ISOCELL GN2

Sumber Gambar

Sensor kamera ISOCELL GN2 baru memiliki resolusi 50MP dan kabarnya akan siapdi pakai berbagai smartphone sepanjang tahun ini. Sebagai informasi tambahan sensor tersebut adalah penerus dari seri GN1 yang sempat Samsung luncurkan pada tahun lalu. Dengan adanya perkembangan sensor tersebut, nantinya akan membuat smartphone lebih hemat daya dan dapat membantu mengurangi konsumsi energi pada perangkat.

Pada sensor terbaru juga mereka perkenalkan teknologi PDAF baru yang bernama Dual Pixel Pro. Selain itu sensor ini juga memiliki ukuran yang cukup besar yakni  1 / 1,12. Dengan adanya sensor tersebut dapat menghasilkan gambar berkalitas baik walau dengan pencahayaan lingkungan yang rendah. Adanya teknologi four-pixel-binning dapat mensimulasikan piksel hingga 2,8um bahkan lebih besar lagi.

Samsung Memperkenalkan Sensor ISOCELL GN2  Dengan Algoritma Mosaic Baru :

SAMSUNG ISOCELL GN2
SAMSUNG ISOCELL GN2

Sumber Gambar

Informasi lebih lanjut tentang algoritma baru nantinya dapat mengambil gambar 100MP dengan mengatur ulang piksel warna menggunakan kecerdasan algoritma mosaic. Berdasarkan informasi lebih lanjut Foto 100MP sebenarnya adalah tiga lapisan 50MP dalam warna Hijau,Biru dan Merah. Nantinya sensor akan memberi lapisan, peningkatan dan menggabungkan gambar untuk menghasilkan fotografi dengan reso tinggi.

Sensor kamera baru ini cukup menarik karena merupakan sensor pertama Samsung yang menggunakan Dual Pixel Pro. Dengan adanya sensor tersebut menjadi solusi PDAF perusahaan paling canggih. Karena alih-alih memisahkan semua piksel merah,hijau dan biru secara vertikal dan membaginya secara diagonal. Sensor ini malah membaca perbedaan bertahap atas, baawah, kiri dan kanan piksel. Tapi pada kenyataannya sensor ini menghasilkan fokus otomatis yang lebih cepat dan akurat. Terutama dalam kondisi lingkungan yang minim cahaya atau objek yang bergerak cepat.