Prosessor Intel Saingan Ryzen 5000H Akan Meluncur Kuartal Selanjutnya

AMD VS Intel

Kabar kali ini datang dari Intel mereka kabarnya akan meluncurkan prosessor mobile terbarunya pada kuartal selanjutnya. Prosessor Intel tersebut nantinya akan bernama Tiger Lake-H45, CPU tersebut nantinya akan mereka bekali dengan enam atau delapan core. Sehingga Prosessor ini bakalan menjadi pesaing langsung dari Ryzen 5000H.

AMD VS Intel
AMD VS Intel

Sumber Gambar

Bertepatan kemarin mereka pertama kali mendemonstrasikan secara spesifik tentang lini CPU baru ini. Awalnya mereka memperkenalkan prosessor dengan 8 core yang akan menjadi unggulan. Prosessor tersebut nantinya dapat beroperasi sampai kecepatan 5Ghz. Berdasarkan dari data yang tersedia kemungkinan besar prosessor tersebut adalah Core i9-11980H.

Salah satu bagian terpenting dalam berita ini adalah tentang waktu perilisan prosessor baru ini. Sesuai yang sudah saya sebutkan Intel mengatakan bahwa Tiger Lakes akan meluncur pada Q2(Kuartal 2). Sejalan dengan rumor baru, dari data pertama menunjukkan produk ini setidaknya akan rilis pada musim gugur.

Prosessor Intel Gen 11 H-Series :

Prosessor Inter Tiger Lakes
Prosessor Inter Tiger Lakes

Sumber Gambar

Berdasarkan gambaran umum produk terbaru dari Interl tersebut ada juga seri Core i5. Menurut laporan terbaru produk tersebut telah muncul dalam web mereka. Prosessor tersebut adalah Core i5-11600KF dan Core i5-11400F. CPU ini nantinya akan memiliki enam core dengan dukungan Hyper-Threading. Untuk seri Core i5-11600KF nantinya akan memiliki frekuensi sekitar 3,9-4,9Ghz. Sedangkan untuk Core i5-11400F akan memiliki frekuensi 2,6-4,4Ghz. Sebagai informasi tambahan untuk jajaran Rocket Lake kabarnya tidak akan ada seri Core i3 ataupun prosessor yang lebih rendah. Namun sebagai gantinya Comet Lake Refresh akan mereka rilis(CPU lama yang mereka tingkatkan).

Jika kita bandingkan pada prosessor sebelumnya yakni Core i5-10600K, berdasarkan data pengujian dari Cinebench R15. Seri sebelumnya berhasil mencetak skor sekitar 185 dan 1485 poin dalam mode single-threaded dan multi-threaded. Sedangkan berdasarkan pengujian dari Cinebench R20 CPU baru ini menghasilkan skor yang lumayan jauh yakni 490 dan 3600poin. Artinya produk baru tersebut lebih cepat sekitar 15-30% dari pendahulunya. Hal ini sendiri tergantung dari tes dan modelnya. Ketika dalam multi-threaded mode, kelebihan paling kecil untuk Core i5-11400F sekitar 20-30%.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.