Penyebab Komputer Kamu Mati Sendiri dan Hidup Lagi

allbestpic other

Penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Berbagai masalah dapat menyebabkan gangguan yang terjadi pada komputer, sehingga saat menggunakannya kamu menjadi terganggu. Jika hal ini terjadi berulang kali tentunya kamu merasa kesel.

allbestpic other
allbestpic other -Source : sip-systems.com

Nah, adapun Penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi bisa dikaitkan dengan faktor internal maupun eksternal komputer. Bisa karena memang ada permasalahan dari komputer itu sendiri, atau dari faktor eksternal seperti permasalah listrik.

Berikut ini kami rangkum tentang penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi antara lain :

1. Kepanasan atau Overheat

Penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi yang pertama disinyalir adalah karena kepanasan atau overheat. Prosesor biasanya dirancang untuk mematikan diri sendiri jika mengalami overheat atau kepanasan. Pneuebab overheat di sebabkan oleh debu yang menumpuk, kipas prosesor rusak, Thermal Paste rusak, dll.

2. Beban kerja komputer terlalu berat

Membiarkan komputer bekerja terlalu berat, atau membuka berbagai program yang berat tanpa berisitirahat dapat membuat komputer kepanasan dan menjadi salah satu penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi. jadi alangkah baiknya untuk membuka program sepelerlunya.

3. Debu yang menumpuk

Komputer yang tidak pernah dibersihkan hingga debu menumpuk juga dapat menyebabkan overheat yang nantinya berujung pada penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi. Jadi sebelum debu pada komputer kamu menumpuk algnkah baiknya di bersihkan agar tidak menimbulkan overheat.

4. Listrik yang Tidak Stabil

Penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi selanjutnya adalah di sebabkan oleh listrik yang tidak stabil. Listrik yang tidak stabil juga bisa menyebabkan PC/ Laptop menjadi mati sendiri. Hal ini disebabkan karena daya yang diterima komputer menjadi tidak stabil juga. Jadi pakailah PowerSuply untuk berjaga-jaga agar komputer kamu stabil.

5. Komponen Komputer Bermasalah

Penyebab berikutnya adalah dikarenakan adanya komponen komputer yang bermasalah. Permasalahan pada power supply, VGA, harddisk, RAM, motherboard, hingga processor dapat membuat komputer yang kamu gunakan mati sendiri. Hal ini biasanya disebabkan karena masalah korsleting atau penggunaan yang terlalu memberatkan.

6. Virus

Virus juga menjadi salah satu penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi. Hal ini disebabkan karena virus yang menyerang komputer dapat menyebabkan kerusakan pada sistem komputer, sehingga komputer tidak berjalan dengan baik. Hal ini kadang juga bisa membuat prosesor overheat dan mati sendiri. Bahkan virus juga dapat menyedot penggunaan daya komputer.

7. Program Mengalami Crash

Selain itu, penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi selanjtunya adalah ada program yang mengalami crash. Biasanya hal ini dapat disebabkan oleh pemasangan driver yang tidak sesua. Jadi pakailah driver yang sesuai dengan komputer kamu.

 

Itulah beberapa penyebab komputer kamu bisa mati sendiri secara tba-tiba dan hidup lagi. Jadi berhati-hatilah saat kita Menggunakan komputer.