Mudah! Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop

Apa anda pernah terpikir untuk mengecek atau memeriksa kondisi baterai laptop? Kesibukan yang kita lakukan dalam menggunakan laptop hampir membuat perawatan perangkat jadi jarang diperhatikan. Semua perangkat elektronik yang menggunakan baterai pasti memiliki resiko kerusakan baterai. Pasalnya, tergantung cara kita memelihara kesehatan baterai agar performanya terjaga.

Memang baterai laptop sama saja dengan baterai yang digunakan pada smartphone. Apabila tidak diperhatikan, lama-lama umur baterai tidak akan lama. Setiap baterai sendiri punya masa pakai yang dari waktu ke waktu akan mengakibatkan daya baterai laptop semakin berkurang saat digunakan. Bahkan, bisa jadi tidak dapat digunakan sama sekali.

Mudah! Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop
Mudah! Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop

Sumber Gambar

Apa yang menyebabkan daya baterai lemah atau daya turun secara drastis? Disini, kami punya cara untuk mengecek/memeriksa baterai laptop dengan mudah, yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop

Kamu bisa gunakan aplikasi bawaan Windows, yaitu Command Prompt. Cara ini bisa diakatakan sederhana dan mudah karena kita tak perlu melakukan instal aplikasi sebelumnya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Command Prompt atau CMD. Caranya, Start -> Run -> ketik “CMD”. Atau bisa juga, Start -> ketik CMD -> klik Aplikasi CMD.
  2. Jika terbuka, langkah selanjutnya adalah ketik “powercfg/batterryreport” lalu tekan enter.
  3. Akan muncul sebuah informasi yang isinya data laporan hasil pengecekan baterai laptop milikmu. Ikuti saja dimana file itu disimpan.
  4. Berikutnya, kamu tinggal menuju file yang telah ditunjukan sebelumnya. Lalu, buka file tersebut.
  5. Disitu kamu akan melihat laporan detail baterai laptop saat ini. Scroll saja hingga kamu menemukan keterangan Design Capacity dan Full Charge Capacity.
  6. Setelah itu, lihat perbedaan kapasitanya; Apabila mencapai lebih dari 50%, maka kamu harus berjaga-jaga pada kesehatan baterai laptopmu. Jika kapasitanya sudah melebihi 50%, maka penggantian baterai laptop harus dilakukan.

Itulah cara cek kesehatan baterai laptop yang bisa kamu coba! Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Sobat Ponjojng, ya. Cara ini bisa dikatakan cukup akurat, lho.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.