Modul RAM DDR5 Janjikan Kinerja yang Lebih Cepat

Modul RAM DDR5 Janjikan Kinerja PC Lebih Cepat dan Efisien

SK Hynix sebagai produsen chip Korea telah meluncurkan modul RAM 64GB DDR5 untuk pertama di dunia. Hal ini tentunya merupakan sebuah langkah besar menjauh dari DIMM DDR4 yang telah mendominasi memori PC sejak 2013. Chip DDR5-4800 mendukung kecepatan antara 4.800 dan 5.600 Mbps dengan kecepatan data potensial yang lebih cepat daripada DDR4.

Dalam modul RAM DDR5 tersebut juga menggunakan lebih sedikit daya. Teknologi ini memungkinkan modul berukuran hingga 256GB. Standar JEDEC untuk RAM DDR5 secara resmi diterbitkan pada bulan Juli tahun 2020. Akan tetapi SK Hynix meluncurkan chip pertamanya pada tahun 2018 lalu.

Modul RAM DDR5 Janjikan Kinerja yang Lebih Cepat
Modul RAM DDR5 Janjikan Kinerja yang Lebih Cepat

Terlepas dari peningkatan memori, DDR5 akan memiliki dua saluran 32-bit, bukan satu saluran 64-bit, sehingga membuatnya lebih mudah. Untuk meningkatkan bandwidth puncak, modul itu sendiri juga akan mengatur voltase alih-alih motherboard. Inilah yang memungkinkan produsen RAM DDR5 untuk mengontrol kecepatan clock yang sangat penting.

SK Hynix telah menguji modul pada 6.400 Mbps dan memiliki kecepatan 8.400 Mbps pada peta jalan. Namun, Anda harus menunggu beberapa saat sampai mereka meningkatkan Crysis atau Metro Exodus. Perusahaan menargetkan aplikasi pusat data terlebih dahulu, karena pengguna tersebut akan mendapatkan hasil maksimal dari kapasitas dan efisiensi ekstra.

Diperkirakan bahwa RAM DDR5 hanya akan menyumbang 10 persen dari penjualan pada tahun 2022 dan mencapai 43 persen sekitar tahun 2024. Setelah itu, itu harus menjadi standar defacto untuk semua PC, termasuk PC khsuus game.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top