Bahaya Windows Bajakan

Komputer Anda Menggunakan Windows Bajakan? Ini Bahaya Yang Wajib Anda Tahu!

Installer Windows bajakan dapat dengan mudah kita dapatkan di internet. Sudah menjadi rahasia umum jika sistem operasi komputer dan laptop keluaran Microsoft ini masih menjadi yang populer dikalangan masyarakan dunia, terlebih lagi di Indonesia. Sebagaimana data yang dirilis the verge pengguna sistem operasi windows ini mencapai 1,5 milliar diseluruh dunia, wow… jumlah yang sangat fantastis.

Bahaya Windows Bajakan
Bahaya Windows Bajakan

Mengapa orang memilih untuk menggunakan Windows bajakan? alasannya tidak lain adalah duit. Ya, memang untuk menggunakan Windows original kita perlu merogoh gocek sekitar Rp. 600.000 (di blibli.com). Tentu harga yang tidak murah, apalagi 1 lisensi hanya dapat digunakan untuk satu komputer (PC atau laptop). Jika kita memiliki lebih dari satu komputer tinggal mengalikan saja ;-).

Akan tetapi menggunakan Windows bajakan tentu sangat tidak di anjurkan karena melanggar hukum dan undang-undang hak cipta. Selain itu, kinerja komputer anda juga bisa tidak optimal. Selain itu, keamanan data-data di komputer anda tentu perlu diwaspadai dari tindakan pencurian data oleh hacker.

Oleh karena itu, kami telah merangkum hal-hal yang wajib anda waspadai jika anda sedang menggunakan sistem operasi atau windows bajakan.

Berikut Kerugian dan Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

  1. Tidak bisa update. Anda menggunakan windows bajakan tentu PC atau laptop anda tidak akan mendapatkan fitur-fitur atau update terbaru dari Microsoft.
  2. Kinerja komputer lambat. Menggunakan windows bajakan bisa mempengaruhi kinerja komputer. Karena beberapa windows yang tidak ori tentu tidak mendapatkan update terbaru sehingga beberapa kinerja sistem tidak optimal. Atau sangat memungkinkan pada windows bajakan terdapat beberapa modifikasi yang memungkinkan crash dengan sistem sehingga kinerja sistem terganggu.
  3. Rentang terhadap serangan virus. Didalam sistem operasi windows sudah memiliki antivirus. Windows yang tidak pernah update tentu sangat rentan terhadap serang virus. worm, malware dll karena database virusnya tidak terbarukan/update. Oleh karena itu hal ini wajib untuk anda waspadai dan anda harus pandai memilih antivirus terbaik untuk komputer anda.
  4. Pencurian Data. Hal paling penting untuk diwaspadai adalah pencurian data-data dari komputer anda. Data apa saja yang bisa diambil, tentu semua data yang tersimpan di harddisk ataupun data informasi penting seperti data diri, data rekening, login email, login perbankan yang ada di browser. Untuk mengamankan data anda silahkan baca : 5 Tips Untuk Menjaga Keamanan Pada Windows
  5. Kerusakan perangkat. Benarkah windows bajakan dapat merusak perangkat keras atau hardware komputer?. Iya, dengan kinerja yang tidak optimal tentu akan membuat suhu perangkat keras menjadi mudah panas dan pastinya berpengaruh pada perangkat itu sendiri.
  6. Tidak bisa menginstall aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi membutuhkan fitur terbaru dari windows. Dan ini tidak akan didapatkan jika sistem windows tidak pernah update. Sehingga akibatnya tentu anda tidak bisa menginstall aplikasi tersebut.

Nah itu beberapa kerugian dan bahaya menggunakan windows bajakan yang perlu anda tahu. Gimana, masih tidak ingin beralih menggunakan windows original?

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top