Inilah Penyebab Komputer Tidak Mau Menyala Dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Komputer Tidak Dapat Menyala

Hari yang buruk terjadi saat Anda menekan tombol power pada komputer namun tidak terjadi apa apa. Beberapa masalah komputer lainnya malah membuat lebih frustrasi daripada hanya ketika komputer tidak bisa booting. Ada banyak alasan mengapa komputer tidak menyala dan sering kali sangat sedikit petunjuk tentang penyebab permasalahannya.

Mengatasi Komputer Tidak Dapat Menyala
Mengatasi Komputer Tidak Dapat Menyala

Meskipun hal tersebut bisa jadi merupakan pertanda kerusakan serius, umumnya Anda dapat memperbaiki sendiri komputer atau laptop yang tidak dapat menyala. Ikuti langkah pemecahan masalah berikut ini untuk mengatasi komputer atau laptop yang tidak dapat menyala.

Inilah Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala Dan Cara Mengatasinya

Motherboard Yang Rusak

Komponen pertama sebagai penentu apakah laptop tersebut bisa menyala atau tidaknya. Mengapa demikian?, karena Motherboard merupakan papan sirkuit tempat dimana semua komponen tersambung. Jadi kebayangkan betapa pentingnya peran komponen ini selain processor. Gampangnya, ini adalah inti laptop/komputer.

Power Supply Bermasalah

Penyebab umum komputer tidak bisa menyala adalah rusaknya Power Supply. Kalian mungkin sudah tidak asing lagi mendengar pentingnya komponen ini. Power Supply ini bisa dibilang perantara antara listrik dan komputer.

Periksa Memory atau RAM

Random Access Memory (RAM) mempunyai peranan yang sangat penting pada sebuah komputer. Saat memory sudah tidak terbaca, hal ini yang bisa membuat komputer atau laptop tidak bisa menyala. Makanya yang bisa kamu perhatikan saat komputer atau laptop tidak display, segera cek RAMnya.