Fitur Fitur Windows 10 yang Hilang Pada Windows 11

Inilah Beberapa Fitur Penting Windows 10 yang akan Hilang Saat Anda Meng-upgrade ke Windows 11

Saat tiba saatnya Windows 11 rilis pada akhir tahun nanti, beberapa fitur penting dalam Windows 10 nampaknya akan menghilang. Sekarang ini Windows 11 sedang dalam perjalanan yang masih dalam versi Beta 3. Kehadirannya tentunya membawa serta tampilan baru, warna baru, dan fitur baru yang banyak berbeda dari Windows 10.

Fitur Fitur Windows 10 yang Hilang Pada Windows 11
Fitur Fitur Windows 10 yang Hilang Pada Windows 11

image source

Beberapa penambahan dan juga pengurangan beberapa fitur antara sekarang dan peluncuran publik Windows 11 nanti. Akan tetapi inilah semua yang akan hilang sepanjang jalan yang kita ketahui sejauh ini.

Fitur Windows 10 yang Tidak Dapat Anda Temukan pada Windows 11

Internet Explorer

Pada Windows 10, Internet Explore sebenarnya masih tersedia, hanya saja Anda perlu masuk cukup dalam untuk menggunakannya. Namun pada Windows 11, semua jejak Internet Explorer akan hilang, dengan Microsoft Edge sebagai gantinya. Untuk aplikasi dan situs lawas yang benar-benar lama, Anda masih dapat menggunakan mode IE pada Edge.

Timeline

Anda mungkin belum pernah menggunakan Timeline, yang mungkin merupakan salah satu alasan mengapa Timeline menghilang dengan hadirnya Windows 11. Fitur ini memungkinkan Anda menyinkronkan aktivitas Anda pada beberapa komputer Windows selama 30 hari terakhir (file yang telah Anda buka, situs web yang Anda ‘ telah dikunjungi, dll.), membuatnya lebih mudah untuk berpindah antar perangkat yang masuk dengan akun Microsoft yang sama.

Live Tiles

Pengembang tidak benar-benar merangkul fitur Live Tiles pada menu Start Windows 10, yang memungkinkan berbagai potongan informasi tampil dan melakukan pembaruan secara real time. Jika Anda berpikir itu terdengar sangat mirip dengan widget, Anda benar. Tetapi Microsoft akan mencoba dan menghadirkan kembali widget desktop dengan Windows 11, jadi semoga mereka berfungsi lebih baik daripada Live Tiles.

Start Menu Groups

Fitur lain yang hilang dari menu Start adalah kemampuan bagi pengguna untuk mengelompokkan ubin dan memberi nama: produktivitas, penulisan, permainan, atau apa pun. Tata letak menu Start juga tidak dapat Anda ubah ukurannya, jadi sepertinya Microsoft ingin membuat pengalaman menu Start sama untuk semua orang (serta memindahkannya ke tengah layar).

Quick Status

Pada Windows 10, aplikasi dapat meninggalkan blok kecil informasi pada layar kunci untuk mengingatkan Anda tentang email masuk, janji temu kalender yang akan datang, dll. Fungsi ini, yang dapat Anda sebut sebagai Quick Status. Fitur ini nampaknya juga tidak akan tersedia untuk program saat Windows 11 tiba.

Taskbar Location

Berbicara tentang memotong penyesuaian, bilah tugas hanya dapat berada pada satu tempat untuk Windows 11, yakni pada bagian bawah layar. Anda mungkin tidak pernah menyadarinya, tetapi Anda dapat memposisikan bilah tugas ke kiri, ke kanan, atau bahkan ke atas layar jika menggunakan Windows 10. Jika Anda suka membuat tweak semacam itu melalui sistem operasi Anda, Anda akan menjadi kurang beruntung dengan hadirnya Windows 11 nanti.

Tablet Mode

Windows 10 sebenarnya melakukan pekerjaan yang layak pada kedua tablet seperti Surface Pro dan komputer desktop atau laptop lengkap. Akan tetapi Windows 11 tidak akan menyertakan mode khusus untuk perangkat tablet. Sebagai gantinya, fungsi ini akan dikonfigurasi ulang, dan beberapa di antaranya akan terjadi secara otomatis (seperti saat Anda memasang atau melepaskan keyboard Bluetooth, misalnya).

Cortana

Asisten digital Microsoft tidak sepenuhnya hilang dari Windows 11. Akan tetapi akan hilang dari proses penyiapan, dan tidak akan lagi berada pada bilah tugas. Tidak jelas apa yang direncanakan Microsoft untuk Cortana, tetapi berdasarkan fitur yang telah ditambahkan ke dalamnya selama setahun terakhir, mungkin akan diposisikan ulang sebagai alat bisnis.

Windows S Mode

Ini adalah fitur lain yang tidak sepenuhnya hilang, tetapi Anda akan melihatnya lebih sedikit: S Mode, yang hanya memungkinkan aplikasi dari Microsoft Store resmi untuk Anda instal sebagai peningkatan kinerja dan keamanan. Dan hal ini hanya akan menjadi pilihan pada Windows 11 Home edition. Saat ini Anda bisa mendapatkan Windows 10 Home dan Windows 10 Pro dengan S Mode diaktifkan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top