Facebook Luncurkan Fitur Baru Sebagai Pusat Informasi Perubahan Iklim

Fitur Perubahanan Iklim di Facebook Segera Hadir

Demi menangkal adanya penyebaran Hoaks melalui Facebook tentang Perubahan Iklim, kini telah disematkan fitur baru sebagai peluncuran Pusat informasi iklim berbasis sains yang terpercaya.

Pihak perusahaan menyebut akan menggunakan Pusat Informasi Ilmu Iklim untuk menampilkan fakta, angka, dan data dari Panel pemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) dan jaringan global mitra ilmu iklim lainya, termasuk Program Lingkungan PBB (UNEP), The National Administrasi Kelautan dan Atmosfer (NOAA) dan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

Fitur Perubahanan Iklim di Facebook Segera Hadir
Fitur Perubahanan Iklim di Facebook Segera Hadir

Fitur ini sengaja dihadirkan karena semakin maraknya penyebaran Hoaks di media sosial. Jadi bukan soal pandemi saja, melainkan perubahan iklim juga informasinya masih simpang siur. Sehingga dibuatlah fitur baru.

Lalu bagaimana cara kerja fitur ini? Nantinya Pusat Informasi Perubahan Iklim itu akan berisi informasi dari sumber yang kredibel sehingga bisa menangkal hoaks soal perubahan iklim. Namun untuk sekarang pusat informasi ini hanya bisa diakses pengguna di AS, Prancis, Jerman, dan Inggris. Facebook juga berjanji dalam beberapa pekan kedepan akan meluncurkan fitur tersebut secara global.

“Pusat Informasi Perubahan Iklim adalah dedikasi Facebook untuk organisasi iklim dunia terpercaya. Serta juga orang-orang yang berjuang untuk memerangi perubahan iklim setiap hari,” bunyi pernyataan Facebook.

“Ini penting guna mengambil keputusan yang tepat dan juga sebagai modal mengambil tindakan. Facebook berkomitmen untuk memainkan perannya dan membantu menginspirasi tindakan nyata dalam komunitas,” jelasnya, seperti dikutip dari Techcrunch, Selasa (15/9).