Di Blacklist di Amerika Serikat, Ini Dia Jawaban Xiaomi

Xiaomi di Blacklist di Amerika Serikat

Pemerintah Amerika Serikat, Donald Trump belum lama ini mengumumkan bahwa ada sembilan perusahaan asal Cina yang masuk daftar hitam alias blacklist. Dari sembilan perusahaan tersebut adalah pabrikan smartphone ternama, yakni Xiaomi.

Trump menyebutkan bahwa perusahaan asal Cina yang masuk daftar hitam di Amerika Serikat itu, termasuk Xiaomi yang diklaim sebagai “Perusahaan militer Komunis Cina”. Ini membuat perusahaan dan investor Amerika Serikat akan dilarang berinvestasi pada sembilan perusahaan tersebut.

Di Blacklist di Amerika Serikat, Ini Dia Jawaban Xiaomi
Di Blacklist di Amerika Serikat, Ini Dia Jawaban Xiaomi

Sumber Gambar

Hal yang harus kalian tahu, ini bukan daftar hitam yang sama yang menghancurkan pangsa pasar ponsel pintar Huawei di seluruh dunia. Larangan berdagang yang ditujukan untuk Huawei jauh lebih kompleks pada perusahaan asal Amerika Serikat mana pun, bahkan perusahaan yang menggunakan teknologi Paman Sam tersebut.

Mengenai pengumuman yang dikeluarkan oleh pemerintah Trump tersebut, Xiaomi pun tidak diam akan hal itu. Pabrikan smartphone yang dipimpin oleh Lei Jun ini akhirnya buka suara. Mereka telah mengeluarkan sebuah pernyataan terkait masalah ini sebagai berikut:

Tentu, tak sedikit yang berharap bahwa pernyataan pemimpin Paman Sam itu tidak berkepanjangan seperti yang dialami oleh Huawei. Artinya, dari kesembilan perusahaan yang masuk daftar hitam tersebut, Xiaomi bisa terbebas dari tuduhan tersebut dan kembali menjalankan bisnisnya seperti sedia kala.

Seperti yang kita ketahui, kini pemerintahan Trump hanyatinggal menghitung hari dan akan digantikan oleh pemerintahan Biden. Dan diharapkan, Presiden baru Amerika Serikat ini bisa meninjau ulang bberapa keputusan yang diambil oleh Trump yang ditujukan kepada perusahaan-perusahaan Cina. Tentunya, ini demi kebaikan persaingan yang lebih sehat.