Daftar Aplikasi Video Telekonferensi Terbaik Untuk Pembelajaran Online

Aplikasi Video Telekonferensi Terbaik Untuk Pembelajaran Online

Saat ini banyak sekali aplikasi video telekonferensi yang bisa kamu gunakan. Tidak hanya dalam melaksanakan meeting saja, akan tetapi lebih luasnya, aplikasi tersebut digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Ditengah masa pandemi yang belum berakhir ini, pendidikan juga mengalami dampak yang serius. Salah satunya mulai dari tidak diperbolehkannya masuk ke sekolah, dan atau mengadakan tatap muka secara langsung diluar sekolah.

Demi untuk tetap bisa mengajar kepada para peserta didik, guru pun harus mencari berbagai macam solusi agar materi bisa sampai pada para peserta didik. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran berbasis dalam jaringan (online). Jika akan mengadakan tatap muka secara online, maka kamu perlu bantuan aplikasi videi telekonferensi agar bisa saling terhubung antara guru dan muridnya.

Aplikasi Video Telekonferensi Terbaik Untuk Pembelajaran Online
Aplikasi Video Telekonferensi Terbaik Untuk Pembelajaran Online

Oleh karenanya, disini penulis akan memberikan beberapa aplikasi video telekonferensi terbaik yang bisa digunakan dengan mudah untuk kegiatan pembelajaran.

Daftar Aplikasi Video Telekonferensi Terbaik Untuk Pembelajaran Online

1. Zoom

Aplikasi Zoom Meetings
Aplikasi Zoom Meetings

Pada aplikasi ini menawarkan solusi video konferensi untuk perangkat seluler dan desktop, layanan ini tidak hanya menyediakan video dan audio HD, tetapi juga mampu menampung partisipan hingga 1000 orang jika berbayar. Namun untuk akun Basic hanya mampu menampung maksimal 100 peserta dengan durasi maksimal 40 menit.

2. Cisco Webex

Aplikasi Cisco Webex Meeting
Aplikasi Cisco Webex Meeting

Cisco Webex merupakan alat komunikasi Video Conference berbasis interface web yang memungkinkan komunikasi berjalan dengan menggunakan perangkat personal dan mobile seperti Smartphone, PC, Laptop, Notebook, dan PC tablet selama masih ada dalam jangkauan jaringan internet.

3. Google Meet

Aplikasi Google Meet
Aplikasi Google Meet

Ini merupakan video telekonferensi yang dimiliki dan dikembangkan oleh Google. Video konferensi bertenaga cloud dikembangkan secara khusus untuk bisnis. Ini dapat melayani sejumlah besar pengguna sekaligus. Selain memiliki aplikasi khusus yang tersedia untuk pengguna seluler di Apple, AppStore dan Google Play store untuk Android.

4. Microsoft Teams

Aplikasi Microsoft Teams
Aplikasi Microsoft Teams

Layanan ini memungkinkan pertemuan audio dan video dengan satu orang atau satu tim. Administrator juga dapat mengatur webinar dan pertemuan besar hingga 10.000 peserta. Microsoft Teams idealnya digunakan untuk bisnis yang sudah menggunakan Microsoft 365. Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft.

5. RingCentral Video

Aplikasi RingCentral Video Meeting
Aplikasi RingCentral Video Meeting

RingCentral merupakan integrasi Slack, G Suite, dan Microsoft 365. Ini berarti pengguna dapat menjadwalkan dan memulai panggilan langsung dari platform pihak ke-3. Aplikasi ini juga menawarkan perangkat lunak konferensi video berkualitas tinggi terutama untuk para kalangan bisnis.

6. GoToMeeting

Aplikasi GoToMeeting
Aplikasi GoToMeeting

Layanan konferensi web mandiri disediakan oleh LogMeIn. Meskipun ramah bagi seluler, aplikasi ini menyediakan fitur lengkap dari audio, video serta dapat berbagi layar. Terdapat pengaturan untuk memaksimalkan kualitas panggilan dan gambar, serta undangan satu ketuk untuk bergabung dengan rapat serta obrolan.