Chromium Membandel, Begini Cara Menghapusnya Secara Permanen

Cara Menghapus Chromium Secara Permanen

Pernahkah kamu mengalami tiba-tiba dalam komputer atau laptop kamu terdapat Chromium? Padahal kamu sendiri tidak pernah menginstalnya. Kalaupun kamu hapus, ternyata setelah beberapa saat masih tetap muncul lagi aplikasi chromium tersebut. Ini yang bisa saja dinamakan sebagai chromium yang membandel.

Perlu kamu ketahui, Chromium adalah sebuah peramban web sumber terbuka di mana Google Chrome yang mengambil kode sumbernya. Penjelajah ini berbagi mayoritas kode dan fitur, meskipun ada beberapa perbedaan kecil dalam fitur dan mereka memiliki lisensi yang berbeda. Chromium bisa saja disebut sebagai open-source web browser yang dikembangkan dan dikelola oleh The Chromium Project. Chromium juga dapat dijalankan di multiplatform seperti Google Chrome.

Cara Menghapus Chromium Secara Permanen
Cara Menghapus Chromium Secara Permanen – image source

Kalau kamu adalah seorang programmer, kamu bisa banget mengutak-atik Chromium dan membuat browser versimu sendiri. Biasanya icon Chromium sedikit lebih buram ketimbang Google Chrome sendiri. Selain itu, biasanya Chromium dapat memakan banyak RAM dalam sebuah komputer, sehingga ini yang sedikit membuat kita jengkel. Lantas, bagaimana cara menghapusnya hinga ke akar-akarnya?

Begini Cara Menghapus Chromium Secara Permanen

1. Buka Windows Explorer kemudian masuk ke folder C:\Users\NamaPengguna\AppData\Local. Kamu akan mendapatkan folder Chromium disana.

2. Selanjutnya buka folder tersebut, maka akan muncul dua folder yang bernama Application dan User Data.

3. Silahkan kamu hapus kedua folder tersebut secara permanen dengan menekan kombinasi tombol Shift+Delete.

4. Jika sudah berhasil, silahkan cek kembali dengan cara masuk pada Control Panel, kemudian Uninstall Chromium jika masih ada. Kemudian Restart komputer.

Nah, sampai disini maka secara otomatis Chromium sudah musnah dari komputer kamu. Bagaimana jika kamu gagal menghapus folder pada langkah ke-3 di atas. Jika kamu gagal, silahkan terlebih dahulu masuk pada Task Manager, kemudian masuk pada proses, hentikan semua proses yang terkait dengan Chromium.

Seperti itulah cara menghapus Chromium yang membandel dari komputer atau laptop kamu secara permanen. Seperti yang kita tahu, Chromium adalah aplikasi browser yang bersifat open source sehingga bisa kamu lakukan otak atik sesuai keinginan. Aplikasi ini juga bisa dijalankan pada beberapa platform seperti yang dimiliki oleh Google Chrome.