Charger Tanpa Kabel Ciptaan Xiaomi akan Diproduksi Massal

Charger Tanpa Kabel Ciptaan Xiaomi

Pengisian daya nirkabel dari Xiaomi terus memberikan solusi yang lebih efisien pada model andalannya. Xiaomi Mi 10 Ultra yang menjadi awal peluncuran tahun lalu pada bulan Agustus dan andalan Xiaomi Mi 11 yang baru-baru ini diluncurkan. Keduanya dilengkapi dengan pengisian tanpa kabel alias wireless charger 50W.

Informasi teranyar, terkait solusi pengisian daya cepat secara nirkabel, Xiaomi dikatakan bakal segera meluncurkan ponsel andalan yang didukung teknologi pengisian nirkabel 80W. Informan ‘Digital Chat Station’ yang pertama kali membocorkan hal ini.

Charger Wireless 80W Xiaomi
Charger Wireless 80W Xiaomi

Sumber Gambar

Lewat postingan di Weibo, Digital Chat Station menyebutkan Xiaomi sedang menguji smartphone baru andalannya dengan teknologi pengisian nirkabel 80W. Handset dengan solusi pengisian daya baru itu disebut sedang dalam proses verifikasi.

Bahkan, Digital Chat Station yakin perangkat tersebut diproduksi massal yang mungkin akan dimulai pada paruh pertama 2021. Sayangnya, masih belum jelas smartphone mana yang akan disokong dengan solusi pengisian nirkabel terbaru itu.

Xiaomi sendiri diharapkan untuk mengumumkan ponsel pintar andalan berikutnya, yakni Mi 11 Pro pada bulan Februari. Tetapi, harus kita selidiki apakah teknologi pengisian daya nirkabel 80W akan tersedia di Mi 11 Pro atau pada handset lain. Jadi kita harus bersabar dan senantiasa menunggu bocoran terbaru terkait smartphone tersebut.

Teknologi pengisian daya wireless 80W ini pernah dipamerkan oleh Xiaomi pada Oktober tahun lalu. Diperlihatkan baterai 4.000 mAh yang bisa terisi penuh oleh solusi pengisian daya nirkabel 80W dengan dudukan khusus dalam kurun waktu 18 menit. Ini merupakan teknologi pengisian daya nirkabel tercepat di dunia.

Kerja keras dalam tim R&D diperlukan untuk keberhasilan membangun teknologi pengisian daya nirkabel 80W. Mereka menuturkan bahwa arsitektur dan chip pengisian nirkabel telah disesuaikan dan lebih efisien, juga secara independen merancang sistem koil komposit.

Tak hanya itu, Xiaomi menambahkan baterai pengisian cepat multi-kutub MTW, baterai seri 6C ganda, dengan arus variabel multi-tahap kontrol, dan pengisian cepat MiFC. Harapannya, Xiaomi masih semangat dalam menciptakan solusi pengisian daya nirkabel yang lebih cepat.