Cara Uninstall Atau Hapus Aplikasi Di MacOS

Hapus Aplikasi Melalui Finder Dan Launchpad

Jika anda pengguna yang sebelumnya menggunakan komputer Windows dan beralih ke Mac, tentunya akan merasa sedikit kebingungan ketika menggunakan Mac. Hal tersebut terbilang normal karena Mac menggunakan operasi sistem sendiri yang bernama MacOS. Masalah yang saya sering temui adalah pengguna yang kebingungan dengan cara hapus aplikasi yang kadung terinstal pada Mac.

Hapus Aplikasi Melalui Finder Dan Launchpad
Uninstall Aplikasi Melalui Finder Dan Launchpad

Sumber Gambar

Berbicara tentang MacOS, nama ini sebenarnya adalah sebuah singkatan dari Macintosh Operating System. Sistem operasi inidi buat oleh Apple Inc. Hal yang sangat pengguna kagumi pada OS ini biasanya pertama terletak pada desain interfacenya yang terbilang elegan. Walaupun memiliki tampilan yang menarik pengguna masih bisa sangat mudah untuk mengoperasikannya. Hal tersebut karena pada Operasi sistem ini menggunakan unsur GUI yang merupakan singkatan dari Graphical User Interface.

Operasi sistem ini juga memiliki dukungan dengan arsitektur PowerPC ataupun X86. Sehingga sampai saat ini pun sudah banyak versi yang meluncur. Versi sebelumnya ada Mac OS 8 dan Mac OS 9. Kini ada banyak versi baru lain seperti Mac OS Big Sur dan lain-lain. Kembali ke permasalahan pengguna baru, Sebenarnya ada dua cara untuk melakukan Unistall pada macOS. Yang pertama melalui Launchpad serta cara kedua melalui Finder.

Berikut 2 Cara Uninstall Atau Hapus Aplikasi Pada MacOS :

#1 Cara Hapus Aplikasi Melalui Finder

Cara menggunakan finder ini merupakan sebuah cara yang sering pengguna gunakan. Hal tersebut karena cara ini lebih simpel. anda dapat menyimak tutorial berikut ini.

  • Pertama buka finder, bagi anda yang belum mengetahui finder. Anda dapat mencarinya pada bagian bawah desktop. ikon finder bergambar wajah kotak dengan separuh warna biru dan separuh abu-abu. Jika sudah anda temukan tekanlah ikon tersebut.
  • Selanjutnya pada bagian kiri carilah Aplikasi/Applications, ikon aplikasi biasanya terletak pada bagian folder namun memiliki ikon huruf “A”.
  • Kemudian jika sudah carilah aplikasi yang ingin anda hapus. Lalu jika sudah anda temukan klik kanan pada aplikasi tersebut. Kemudian pilih opsi Pindahkan Ke Tong Sampah. Jika anda menemukan notifikasi semisal aplikasi tersebut tidak dapat anda hapus karena sedang anda buka. Pada bagian bawah carilah ikon aplikasi tersebut kemudian klik kanan dan pilih Quit.

#2 MengUninstall / Hapus Aplikasi Melalui Launchpad

Selain cara melalui finder, cara lain yang sering pengguna gunakan biasanya mereka akan menghapus aplikasi melalui Launchpad. Anda dapat menyimak tutorial berikut ini untuk cara lengkapnya.

  • Pertama bukalah Launchpad, andna bisa menekan tombol F4 untuk membukanya. Selanjutnya pada pencarian anda dapat mencari aplikasi yang ingin anda hapus.
  • Jika sudah muncul aplikasi yang ingin anda hapus, anda bisa menekan dan tahan ikon aplikasi sampai ikon aplikasi tersebut bergerak-gerak dan menampilkan tombol X.
  • Tekanlah tanda X pada aplikasi yang hendak anda hapus. Sekedar informasi tambahan ada beberapa aplikasi yang tidak dapat anda hapus contohnya aplikasi sistem seperti Mail, Safari dan Store.
  • Ketika anda menekan tombol X akan muncul sebuah pop-up kecil, pada pop-up tersebut terdapat dua tombol. Yakni tombol Hapus, kemudian ada tombol Batalkan. Pilihlah tombol hapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.