Cara Mudah Setting BIOS Agar Bisa Booting dari USB Flashdisk

Cara Mudah Setting BIOS Boot ke USB

BIOS sendiri merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki peran yang sangat besar dalam menunjang kinerja komputer agar lebih baik. Jika kamu salah dalam mengaturnya, tentunya ini akan berdampak pada performa komputer yang kurang maksimal.

Hal ini juga berpengaruh akan mematikan beberapa kinerja komputer jika BIOS kamu bermasalah. Akan tetapi meski BIOS memiliki peran yang cukup besar dalam mengatur kinerja komputer, nyatanya hal ini kadang masih saja dispelekan dan tidak banyak orang yang memahaminya. Terlebih BIOS ini yang juga mengatur tentang lalu lintas booting yang akan dituju oleh sistem saat baru pertama kali dinyalakan.

Cara Mudah Setting BIOS Boot ke USB
Cara Mudah Setting BIOS Boot ke USB

Dalam menyikapi hal tersebut, disini kami akan berbagi cara mengenai mengatur BIOS saat kamu akan melakukan Boot dengan menggunakan USB Flashdisk. Ini biasanya dilakukan saat kamu akan memperbaiki sistem windows yang lagi bermasalah, mulai dari menginstal ulang hingga dengan melakukan backup data penting jika semisal terjadi masalah pada windows. Windows yang corrupt atau tidak bisa diakses, maka jalan keluarnya biasanya dilakukan instal ulang. Cara ini banyak orang yang melakukannya dengan menggunakan USB Flashdisk karena lebih simple dan mudah ketimbang menggunakan CD ROM.

Oleh karenanya, di bawah ini kami berikan cara melakukan pengaturan Boot agar bisa Booting menggunakan USB Flashdisk.

Cara Mudah Setting BIOS Agar Bisa Booting dari USB Flashdisk

1. Pertama, tancapkan terlebih dahulu flashdisk pada laptop atau komputer (komputer dalam kondisi mati). Kemudian hidupkan dengan menekan tombol power.

2. Setelah kamu menekan tombol power, silahkan tekan tombol kunci masuk BIOS pada komputer kamu. Biasanya ini disesuaikan dengan merk laptop atau komputer yang kamu gunakan. Tetapi pada umumnya biasanya tombol kunci BIOS pada komputer adalah tombol Delete. Untuk laptop beberapa tombol masuk BIOS diantaranya:

  • Dell = F12/Delete
  • Acer = F2
  • Lenovo = Delete/Lubang kecil yang biasanya terdapat pada bodi laptop
  • ASUS = F2
  • Toshiba = Delete
  • HP = Esc
  • dll

3. Jika sudah masuk pada tampilan BIOS, silahkan kamu tinggal mengatur bootnya melalui USB Flashdisk. Pilih pada tab Boot pada bagian atas, kemudian pilih USB Flashdisk. Selain itu, biasanya akan muncul sesuai dengan merk flashdisk yang kamu gunakan.

4. Letakkan USB Boot pada urutan pertama, kemudian tekan F10 untuk menyimpan pengaturan yang lakukan, kemudian silahkan Restart.

Maka secara otomatis, saat pertama kamu menghidupkan akan langsung masuk pada boot USB, sehingga kamu bisa melakukan modifikasi pada bagian tertentu, misalnya install ulang, backup data dan lainnya.

Selamat mencoba!