Cara Mudah Menyimpan Dokumen Microsoft Word ke OneDrive Secara Otomatis

Cara Menyimpan Dokumen ke OneDrive

Menyimpan dokumen ke OneDrive merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memiliki penyimpanan berbasis cloud paling mudah. Mengapa penulis katakan paling mudah, karena OneDrive sekarang sudah terintegrasi dengan Microsoft Office. Artinya file dokumen yang Anda buat menggunakan Microsodft office bisa secara otomatis tersimpan pada OneDrive.

Cara Menyimpan Dokumen ke OneDrive
Cara Menyimpan Dokumen ke OneDrive

image source

OneDrive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud yang menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan banyak orang. Kalau pengguna Google familier dengan layanan Google Drive, OneDrive ini merupakan produk yang kurang lebih sama dari Microsoft. Lalu, apa yang membuatnya lebih unggul? Apa saja fitur-fitur menarik di dalamnya?

Apa Itu OneDrive?

OneDrive adalah platform penyimpanan berbasis internet yang memiliki pilihan akses gratis untuk pengguna Microsoft. Itu pun tentu dengan jumlah penyimpanan yang terbatas. Layanan ini sangat memudahkan bagi Anda terutama dalam hal menyimpan dokumen secara aman dari satu tempat, lalu mengaksesnya dari mana pun secara virtual. Jadi dengan ini pengguna akan lebih mudah jika gonta-ganti laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Jika Anda tertarik ingin menggunakan OneDrive, terdapat banyak penawaran yang Microsoft hadirkan. Mulai dari yang gratis sampai berbayar, dari yang memberikan layanan OneDrive saja sampai yang mencakup semua fitur Microsoft 365.

Paket Penyimpanan OneDrive

Selain gratis, OneDrive juga menyediakan paket penyimpanan yang lebih besar. Sehingga bisa Anda gunakan untuk menyimpan file penting tanpa perlu menyimpannya pada perangkat Anda. Berikut ini beberapa paket pilihan OneDrive yang bisa pengguna pilih.

OneDrive Basic 5 GB

Untuk yang satu ini gratis, tetapi Anda hanya mendapatkan layanan OneDrive saja dan ukuran penyimpanan hingga 5 GB.

OneDrive Standalone 100GB

Dengan biaya Rp28.999 setiap bulannya, Anda bisa mendapatkan penyimpanan pada OneDrive sebesar 100 GB.

Microsoft 365 Personal

Paket OneDrive yang selanjutnya adalah Microsoft 365 Personal. Jika Anda ingin menggunakannya, Anda cukup menbelinya sebesar Rp95.999 per bulan. Paket ini menawarkan layanan storage pada OneDrive sebesar 1 TB (setara 1.000 GB) dan juga Skype. Tak hanya itu, Anda juga bisa langsung mendapatkan akses ke Microsoft Outlook, Word, Excel, dan PowerPoint.

Microsoft 365 Family

Paket ini cocok untuk keluarga yang membutuhkan akses ke berbagai macam produk dari Microsoft 365. Semua yang disebut pada paket sebelumnya ada pada Microsoft 365 Family. Akan tetapi kapasitas OneDrive-nya lebih tinggi, yaitu 6 TB (bisa digunakan 1.000 GB per orangnya). Untuk menggunakan paket ini, Anda cukup membayar Rp129.999 setiap bulannya.

Cara Mudah Menyimpan Dokumen Microsoft Word ke OneDrive Secara Otomatis

Anda dapat menggunakan penyimpanan tersebut untuk menyimpan dokumen Word Anda, sehingga memungkinkan Anda mengaktifkan penyimpanan otomatis untuk semua dokumen Anda. Berikut ini cara menyimpan dokumen Microsoft Word otomatis ke OneDrive.

Sebelum melanjutkan, perlu Anda ketahui bahwa cara ini hanya berfungsi jika Anda memiliki langganan Microsoft 365 yang aktif. Ini berfungsi untuk paket individu dan keluarga. Anda juga perlu membuka aplikasi Word dan OneDrive pada komputer Anda dan memastikan bahwa Anda sudah masuk menggunakan akun Microsoft Anda. Saat Anda masuk ke OneDrive, silahkan ikuti petunjuk untuk memulia proses penyiapan dengan cepat. Ketahuilah bahwa Anda harus memiliki koneksi internet aktif untuk menyiapkan OneDrive dan memastikan bahwa dokumen Anda akan tersimpan dan disinkronkan secara otomatis.

1. Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru dengan mengklik tombol “File”. Selanjutnya, pilih “Baru” pada panel kiri, kemudian pilih “Dokumen Kosong”, atau template apa pun dari daftar yang muncul pada sisi kanan.
2. Anda akan melihat tombol bernama “Simpan Otomatis” pada bagian atas jendela Microsoft Word. Anda perlu menyetel slider pada bagian samping Simpan Otomatis untuk memastikan bahwa penyimpanan otomatis sudah Anda setel menjadi “Aktif“.
3. Microsoft Word akan meminta Anda untuk memilih folder tempat file Anda disimpan secara otomatis. Pilih “OneDrive“.
4. Beri nama dokumen Anda, dan Ms. Word akan menyimpan file tersebut pada folder Dokumen di OneDrive Anda.

Anda harus menyimpan dokumen secara manual hanya sekali di awal, dan selanjutnya Microsoft Word menyimpannya secara otomatis selama Anda terhubung ke jaringan internet. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk melanjutkan pekerjaan Anda pada perangkat lain. Jadi jika Anda ingin mulai pekerjaan pada komputer desktop dan kemudian beralih ke ponsel cerdas atau laptop, Anda dapat dengan mudah melakukannya selama Office dan OneDrive menggunakan satu akun yang sama.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.