Mudah Mengubah Taskbar Windows 11

Cara Mudah Mengubah Taskbar Windows 11 Layaknya macOS

Microsoft mulai merombak Taskbar dan menu Start untuk Windows 11. Tentunya semua yang ada pada Windows 11 memiliki tampilan yang sangat jauh dengan Windows 10. Namun begitu, tidak semua orang senang dengan tampilan dan nuansa baru yang hadir pada Windows 11. Padahal jika melihatnya secara visual Windows 11 hadir tampilan yang mirip dengan macOS Apple. Hanya saja pada bagian taskbarnya tidak tampil layaknya macOS Apple.

Mengubah Taskbar Windows 11 Seperti macOS
Mengubah Taskbar Windows 11 Seperti macOS

Sebagai salah satu cara untuk mengubah Taskbar Windows biasanya dengan menggunakan Stardock. Stardock sendiri merupakan salah satu cara yang menggantikan Menu Start yang mendapat pembaruan dengan sesuatu yang lebih mirip dengan tampilannya pada Windows 7 atau Windows 10. Namun berbeda dengan Windows 11 yang memiliki aplikasi pihak ketiga baru untuk menyesuaikan taskbar agar mirip asli seperti macOS.

TaskbarXI (Anda dapat mendownloadnya melalui Ghacks) adalah aplikasi baru yang menambahkan opsi penyesuaian tambahan ke taskbar Windows 11. Aplikasi hadir sebagai penerus aplikasi TaskbarX yang sebelumnya pernah populer untuk mengubah tampilan Windows 10.

Saat ini, aplikasi TaskbarXI masih dalam tahap awal pengembangan, bahkan belum ada antarmuka grafis yang nampak, hanya saja jika melihat dari menu Start sudah mirip dengan tampilan macOS miliki Apple. Dan salah satu fitur utamanya saat ini adalah dapat mengecilkan Taskbar menjadi dcok sederhana yang bisa Anda sesuaikan. Hal ini sama seperti dcok pada macOS dan iPadOS, yang membentang kembali ke ukuran penuh saat jendela dimaksimalkan.

Pengaturan ini juga mendukung banyak monitor, penskalaan DPI terpisah, dan membagi Taskbar menjadi panel kiri dan kanan. Selain itu, Anda juga dapat mengubah gaya dan warna latar belakang Taskbar yang saat ini masih sedang dikerjakan, bersama dengan antarmuka grafis sederhana untuk memperbarui pengaturan. Hanya saja tidak ada opsi untuk memindahkan Taskbar ke area samping atau atas layar Anda.

Jika Anda ingin mencoba TaskbarXI, Anda dapat mengunduh rilis terbaru dari GitHub. Versi saat ini adalah “untuk tahap pengujian saja“. Pengembang nantinya akan mencatat bahwa Anda harus menggunakan Task Manager untuk mematikan TaskbarXI dan memulai ulang Windows Explorer untuk menerapkan perubahan.

Microsoft saat ini juga masih mengerjakan pembaruan untuk Taskbar Windows 11 dan Menu Start, meskipun nampaknya tidak mungkin menambahkan beberapa opsi penyesuaian seperti TaskbarXI. Dukungan multi-monitor untuk taskbar tiba pada pratinjau build kembali pada bulan Juli, bersama dengan kotak pencarian baru pada Start Menu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top