Cara Mudah Menghapus Riwayat Penjelajahan

Cara Mudah Menghapus Riwayat Penjelajahan di Google Chrome

Menghapus riwayat penjelajahan merupakan hal penting untuk Anda lakukan terutama jika Anda menjelajahinya menggunakan perangkat milik orang lain. Selain berkaitan dengan privasi, juga dapat mencegah orang lain mengetahui riwayat penjelajahan yang Anda lakukan.

Cara Mudah Menghapus Riwayat Penjelajahan pada Google Chrome
Cara Mudah Menghapus Riwayat Penjelajahan pada Google Chrome

Jika Anda salah satu pengguna browser Google Chrome, dan kemungkinan besar Anda baru saja melakukan penjelajahan dengan browser tersebut, maka browser akan menyimpan riwayat Anda. Bahkan selama 1 penuh, Google Chrome akan menyimpannya. Jika Anda menggunakan perangkat yang sifatnya umum, maka ini akan menjadi sangat berbahaya bagi Anda jika Anda tidak segera menghapusnya.

Hal ini tidak hanya terjadi pada Google Chrome saja, melainkan hampir setiap browser, dari Mozilla Firefox hingga Safari dan Microsoft Edge, menyimpan riwayat ke mana Anda menjelajahinya. Sebagian besar waktu tempat-tempat ini adalah apa yang Anda harapkan, tetapi kadang-kadang Anda mungkin berakhir pada suatu tempat yang tidak Anda harapkan. Dan karena itu, mungkin tidak menginginkannya dalam sejarah Anda.

Cara Menghapus Riwayat Browser Chrome Pada Desktop

Buka Google Chrome pada perangkat Desktop Anda, baik Windows, Mac, atau Linux. Kemudian klik ikon menu tiga titik yang ada pada pojok kanan atas browser. Dari sana, arahkan kursor mouse Anda ke “Alat Lainnya” dan pilih “Hapus Data Penjelajahan.”

Untuk menghapus seluruh riwayat penjelajahan penelusuran Anda, pilih “Sepanjang Waktu” dari kotak drop-down yang ada pada bagian atas layar dan centang opsi “Riwayat penelusuran“. Selanjtunya Anda juga dapat menghapus riwayat unduhan, cookie, dan cache browser jika Anda mau. Klik “Hapus Data” untuk menyelesaikannya.

Cara Menghapus Riwayat Browser Chrome Pada Ponsel

Buka Google Chrome pada ponsel Anda, baik iPhone, iPad, atau ponsel Android Anda. Prosesnya akan terlihat sedikit berbeda tergantung pada perangkat Anda. Ketuk ikon menu tiga titik pada pojok kanan, dan atas kanan bawah pada iPhone dan iPad, dan pilih “Riwayat” dari opsi yang muncul.

Ketuk “Hapus Data Penjelajahan” pada bagian atas daftar Riwayat, bagian bawah daftar pada iPhone dan iPad. Selanjutnya putuskan seberapa jauh Anda ingin menghapus data dengan opsi “Rentang Waktu”. Pilih “Riwayat Penjelajahan” lalu ketuk “Hapus Data.”

Cukup mudah bukan? Menghapus riwayat browser Anda adalah hal yang sederhana, tetapi ini adalah bagian penting untuk melindungi privasi Anda. Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang berbahaya atau mencurigakan untuk menghapus riwayat browser Anda. Anda cukup melakukannya dengan panduan yang telah penulis jelaskan.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top