Cara Mudah Menghapus Pembaruan Windows 10

Cara Mudah Menghapus Pembaruan Windows 10 Secara Manual

Menghapus pembaruan Windows 10 secara manual merupakan sebuah langkah yang harus Anda ambil saat Windows bermasalah setelah melakukan update. Ini bukan yang yang baru, pada pembaruan Windows 10 terkadang memang membawa bug pada beberapa perangkat yang menyebabkan Windows menjadi crash. Sehingga menjadikan beberapa aplikasi bahkan Windows sendiri tidak bisa berfungsi dengan normal.

Cara Mudah Menghapus Pembaruan Windows 10

image source

Pada tulisan kali ini, penulis akan memberikan langkah-langkah untuk menghapus pembaruan Windows 10. Beberapa penyebab yang biasanya terjadi adalah Blue Screen of Death, masalah kinerja, sistem crash dan masalah kritis lainnya pada komputer Anda. Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana Anda dapat mencegah perangkat Anda menginstal pembaruan secara otomatis.

Microsoft biasanya mengirimkan pembaruan Windows 10 setidaknya dua kali dalam sebulan untuk memberikan peningkatan kualitas. Akan tetapi ada beberapa kasus Microsoft juga mengirimkan pembaruan peningkatan ke versi terbaru, dan ini biasanya dua kali dalam setahun. Nah, jika pembaruan bulanan membawa salah satu bug yang tidak dapat Anda perbaiki, sebagai salah satu solusinya adalah Anda perlu menghapus pembaruan Windows tersebut.

Menghapus pembaruan Windows 10 dan menginstal versi OS yang lebih lama bukan tanpa masalah tersendiri. Misalnya, jika Anda memutar kembali ke versi yang lebih lama, perangkat Anda mungkin mulai berfungsi kembali. Namun Anda akan kehilangan peningkatan keamanan, yang telah teratasi pada pembaruan terakhir.

Cara Menghapus Pembaruan Windows Melalui Pengaturan

Untuk menghapus pembaruan Windows 10 menggunakan aplikasi Pengaturan, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Buka menu Start.
2. Klik ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan atau ketik Pengaturan pada pencarian Cortana.
3. Masuk pada Update & security => View Update History.
4. Identifikasi pembaruan yang ingin Anda hapus. Kemudian pilih Nomor KB dari patch tersebut.
5. Klik pada Uninstall Update
6. Pada Control Panel, cari pembaruan menggunakan nomor KB tersebut.
7. Kemudian pilih pembaruan yang ingin Anda hapus. Klik OK untuk menghapus pembaruan tersebut.

Jika Anda tidak yakin tentang Nomor KB dari pembaruan yang salah, Anda juga dapat menggunakan filter tanggal kapan pembaruan tersebut “terinstal pada perangkat Anda”.

Cara Menghapus Pembaruan Windows Melalui Command Prompt

Anda dapat menghapus pembaruan yang tidak lagi Anda perlukan langsung dari Command Prompt. Hal pertama yang perlu Anda ingat adalah nomor KB pembaruan Windows. Berikut langkah-langkah untuk menghapusnya.

1. Buka Pencarian Windows. Ketik cmd, lalu pilih “Command Prompt“.
2. Klik kanan, kemudian buka sebagai administrator.
3. Masukkan perintah berikut, kemudian ganti id dengan nomor KB yang akan Anda hapus.
uninstall: wusa /uninstall /kb:[id]. Misalnya, jika Anda ingin menghapus KB5001330, gunakan perintah uninstall: wusa /uninstall /kb:5001330.
4. Ketik “Y”. Anda akan diminta untuk menghidupkan ulang PC untuk menyelesaikan penghapusan pembaruan.

Cara Menghentikan Pembaruan Otomatis Pada Windows 10

Setelah pembaruan Anda hapus, Anda perlu menghentikan pembaruan tersebut berjalan secara otomatis setiap pembaruan tersedia. Jika kemudian hari Anda ingin memasangnya lagi, Anda bisa kapan saja memeriksa pembaruan Windows melalui menu Pengaturan Windows. Nah, untuk menghentikan pembaruan Windows 10, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Anda perlu masuk pada layanan Microsoft Services pada perangkat Anda. Anda bisa menggunakan tombol Start kemudian ketikkan “services“, atau bisa menggunakan Windows + R kemudian ketikkan services.msc.
2. Cari Windows Update dalam daftar yang tersedia. Kemudian pada Startup type pilih “Disable” dan pada Services status pilih “Stop“.
3. Selanjutnya klik Apply, kemudian OK untuk mengakhiri prosesnya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version