Cara Mudah Menghapus Dump File Memory Pada Windows 10

Cara Menghapus Dump File Memory pada Windows 10

Windows biasanya akan membuat dump file memory dan minidump ketika komputer sedang crash. File-file ini menggunakan ruang pada hard drive atau penyimpanan sistem Anda. Jika ini menumpuk, maka juga akan menghabiskan ruang penyimpanan Anda. Untuk itu, penulis berikan langkah cara menghapusnya untuk mengosongkan dump file tersebut.

Cara Menghapus Dump File Memory pada Windows 10
Cara Menghapus Dump File Memory pada Windows 10

image source

Apa Itu File Memory Dump dan Minidump?

Setiap kali Windows mengalami kesalahan Blue Screen of Death (BSOD), itu menghasilkan file crash atau file dump memori yang berisi banyak informasi. Misalnya dalam file tersebut akan berisi proses yang aktif sebelum crash, menjalankan program dan aplikasi, driver aktif, informasi kernel, dan waktu.

Windows menyimpan maksimal satu file dump memori (umumnya melalui C:\Windows\MEMORY.DMP). Dan file ini akan ditimpa setiap kali sistem Anda menampilkan layar biru atau sistem sedang crash. File ini dapat berukuran hingga 800MB, dan berisi banyak detail yang mungkin berguna bagi programmer atau pengembang yang perlu menganalisa masalah yang terjadi pada sistem Windows Anda.

Ada juga file minidump yang lebih kecil, yang merupakan file dump memori yang berisi lebih sedikit detail. Anda biasanya dapat menemukan file-file ini pada C:\Windows\Minidump.

Namun begitu file dump tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi sebagian orang. Misalnya untuk berbagi file dengan seseorang atau menggunakannya sendiri untuk membantu memecahkan masalah sistem crash atau masalah lain. Jika tidak, Anda dapat menghapusnya dengan aman untuk mengosongkan ruang agar lebih lega.

Cara Menghapus Memory Dumps Melalui Pengaturan Windows

Anda dapat menggunakan aplikasi Pengaturan Windows untuk menghapus file dump memori kesalahan sistem tersebut.

1. Buka aplikasi Pengaturan Windows. Anda bisa menggunakan kombinasi pada keyboard dengan meneka Windows + i dan pilih bagian “Sistem“.
2. Klik opsi “Penyimpanan” pada panel kiri. Kemudian klik “File Sementara (Temporary Files)” pada panel kanan.
3. Lakukan centang pada kotak sebelah “File dump memori kesalahan sistem” jika tidak dipilih secara default. Anda juga dapat mencentang kotak untuk opsi lain untuk mengosongkan lebih banyak ruang.
4. Selanjutnya klik tombol “Hapus file” pada bagian atas jendela.
5. Maka Windows akan menghapus file dump memori crash sistem dari PC Anda.

Menghapus File Melalui Disk Cleanup

Anda juga dapat hapus file dump ini menggunakan Disk Cleanup. Dengan melalui ini, maka akan dapat menghapus file dump memori dan file sistem lain yang tidak tercantum pada bagian Penyimpanan aplikasi Pengaturan Windows.

1. Untuk memulainya, klik Start, ketik “Disk Cleanup,” dan pilih “Jalankan sebagai administrator” dari panel sebelah kanan. Klik “Ya” pada prompt Kontrol Akun Pengguna.
2. Pilih drive sistem Windows Anda, ini biasanya pada drive “C:” kemudian “OK
3. Disk Cleanup akan menghitung jumlah ruang yang dapat Anda kosongkan dengan menghapus berbagai jenis file.
4. Setelah itu, gulir ke bawah untuk mencentang kotak “System error memory dump files” dan “System error minidump files” Anda juga dapat memilih file sistem lain yang ingin Anda hapus. Kemudian, klik “Oke.”
5. Maka Disk Cleanup akan menghapus semua file yang sudah Anda pilih dari PC Anda.

Menghapus Dumpt File Menggunakan Command Prompt

Jika Anda merasa lebih nyaman menggunakan Command Prompt, maka Anda dapat dengan cepat memasukkan perintah untuk menghapus file dump memori tersebut.

1. Tekan Windows + R untuk membuka jendela “Run“, ketik “cmd” dalam kotak yang muncul, dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
2. Ketik (atau salin dan tempel) perintah berikut dan tekan Enter:
del /f /s /q %systemroot%\memory.dmp
3. Anda akan melihat baris konfirmasi “File yang dihapus” di Command Prompt.
4. Untuk menghapus file minidump, ketik (atau tempel) perintah berikut dan tekan Enter:
del /f /s /q %systemroot%\minidump\*.*
5. Sekarang, Anda tidak memiliki file dump memori yang menghabiskan ruang disk pada PC Anda.

Selamat mencoba!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.