Cara Mudah Menghapus Aplikasi dan Program Lain di Mac

Cara Mudah Menghapus Aplikasi pada Mac

Berbeda dengan Windows, untuk menghapus aplikasi pada Mac tentunya memiliki cara yang sangat berbeda. Apalagi mengingat keduanya merupakan dua platform yang berbeda dari dua perusahaan besar komputasi saat ini.

Cara Mudah Menghapus Aplikasi pada Mac
Cara Mudah Menghapus Aplikasi pada Mac

image source

Berbicara sistem operasi, selain Windows dan macOS ternyata Google juga mengembangkan sistem operasinya sendiri dengan nama ChromeOS. Hanya saja ChormeOS ini hanya tersedia khusus pada perangkat dari Google sendiri, sama seperti macOS yang hanya bisa digunakan untuk perangkat dari Apple saja. Berbeda dengan Windows yang menjadi sistem operasi dari berbagai produsen manapun walaupun bukan perangkat keluaran Microsoft.

Jika Anda terbiasa dengan Windows, detail yang lebih baik dalam menggunakan Mac sering kali tampak aneh. Misalnya pada Windows Anda terbiasa menggunakan Ctrl, sedangkan pada Mac Anda tidak akan melihat tombol Ctrl pada keyboard. Selain itu, menghapus atau melakukan uninstal program juga tidak dapat Anda temukan layaknya pada Windows.

Nah, agar Anda tidak kebingungan, maka penulis akan memberikan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan uninstal aplikasi dan program lain pada Mac Anda.

Cara Menghapus Aplikasi dan Program pada Mac Menggunakan Finder

Cara paling sederhana dan paling umum untuk menghapus aplikasi pada Mac adalah melalui Finder. Dengan memanfaatkan Finder ini, bisa Anda gunakan untuk menavigasi file dan folder. Ini mungkin memerlukan beberapa pencarian, tetapi prosesnya sangat sederhana. Nah, berikut cara mencopot pemasangan aplikasi dan program hanya dalam beberapa langkah pada Mac Anda.

1. Cari aplikasi pada Finder. Biasanya Anda akan menemukan banyak pada folder Aplikasi Anda (sering kali ada pintasan pada jendela Finder mana pun). Akan tetapi Anda dapat menggunakan Spotlight untuk mencari jika ada di tempat lain.
2. Seret aplikasi ke ikon Sampah pada Dock Anda, atau klik kanan aplikasi dan pilih Pindahkan ke Sampah.
3. Anda akan diminta melakukan konfirmasi dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Jika memang Anda yang melakukannya, silahkan masukkan kata sandi untuk akun administrator (seringkali yang Anda gunakan untuk masuk) pada Mac Anda.
4. Selanjutnya, kosongkan Sampah, biasanya dengan mengklik kanan ikon Dock-nya dan memilih Empty Trash.

Cara Mencopot Pemasangan Menggunakan Launchpad

Anda memiliki opsi lain jika Anda menginstal perangkat lunak atau aplikasi lainnya pada Mac melalui App Store, yakni Launchpad. Ini menawarkan cara yang lebih mudah untuk menemukan aplikasi dan bahkan akan mencegah Anda mencopot pemasangan aplikasi penting secara tidak sengaja. Launchpad ini adalah cara mencopot pemasangan aplikasi dan program melalui peluncur bawaan Mac.

1. Buka Launchpad menggunakan ikon Dock (roket) atau pada folder Aplikasi.
2. Gulir daftar sampai Anda menemukan aplikasi yang akan Anda hapus. Jika Anda tidak dapat menemukannya, ketik nama aplikasi pada kotak pencarian yang tersedia.
3. Klik dan tahan ikon aplikasi apa pun, atau tahan tombol Option hingga Anda melihat aplikasi bergoyang.
4. Klik tombol X yang muncul pada sebelah aplikasi yang ingin Anda hapus, dan klik Hapus jika Anda yakin ingin menghapusnya. Jika Anda menggunakan cara ini tidak perlu mengosongkan Sampah.
5. Jika aplikasi tidak memiliki tanda X pada bagian sebelahnya. Hal ini bisa saja merupakan aplikasi sistem yang penting, atau berasal dari luar App Store. Jika ini yang terjadi, maka Anda perlu menggunakan metode uninstall Finder.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.