Cara Mudah Menghapus Akun Zoom di Android

Hapus Akun Zoom di Android

Aplikasi Zoom sangat populer dan diminati oleh banyak orang. Sejak awal merebaknya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, membuat aplikasi Zoom menjadi alternatif untuk mengadakan rapat maupun belajar secara online. Toh, aplikasi ini sekarang sudah bisa digunakan pada dua platform yakni melalui smartphone maupun komputer atau laptop.

Cara Mudah Menghapus Akun Zoom di Android
Cara Mudah Menghapus Akun Zoom di Android

Sayangnya, beberapa isu terakhir menyebutkan kalau aplikasi Zoom rentan terhadap penyadapan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Hal ini berakibat akun pengguna bisa terancam oleh adanya hacker yang mencoba meretas akun pengguna Zoom.

Jika kamu ingin menghapus akun Zoom ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sehingga datamu tidak terlacak. Untuk mengetahuinya, berikut ulasan lengkapnya!

Cara Menghapus Akun Zoom di Android

1. Masuk ke situs Zoom pada Smartphone

Pertama-tama, buka situs Zoom pada smartphone. Perlu kamu ketahui, bahwa untuk bisa menghapus akun Zoom harus melalui situs Zoom itu sendiri.

Kita tidak bisa menghapusnya dari aplikasi Zoom yang telah terpasang pada smartphone. Silakan masuk ke situs Zoom dan lakukan Sign In.

2. Cari Opsi Account Management

Selanjutnya, cari opsi account management. Caranya cukup mudah, setelah kamu melakukan Sign In, tap menu Dropdown yang letaknya pada bagian atas.

Kemudian, pilih Admin -> Account Management -> Account Profile.

3. Hapus Akun Zoom

Pada halaman Account Profile, selanjutnya mulai menghapus akun Zoom milikmu. Caranya, pilih opsi Terminate my Account yang letaknya pada bagian bawah. Lalu, akan muncul sebuah pop up yang berisi konfirmasi. Kamu pilih “Yes”.

4. Nonaktifkan Aplikasi Zoom pada Smartphone

Langkah terakhir, silakan kamu uninstall aplikasi Zoom. Tapi sebelum menghapus aplikasi Zoom, pastikan izin aplikasinya sudah mati.

Caranya, masuk ke bagian Setting -> App -> Zoom -> Permissions.

Dengan begitu, aplikasi Zoom tersebut tidak akan bisa terakses lagi pada smartphone milikmu. Setelah menarik izinnya, langkah selanjutnya menghapus cache dan juga beragam data dalam Zoom tersebut. Hal ini bertujuan, agar semua data milikmu tidak bisa terpantau lagi ketika kamu ingin menjual smartphone.

Cara menghapus cache, masuk ke bagian Storage -> Clear Cache dan juga Clear Data.

Uninstall dan Selesai!