Cara Menggunakan Aplikasi Alarm pada Windows 11

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Alarm di Windows 11

Pernahkah Anda terfikir untuk menggunakan Alarm pada PC Windows 11. Sejak Windows 10 hadir, Microsoft menyertakan aplikasi alarm bawaan yang bisa dengan mudah Anda gunakan. Bahkan hingga sekarang ini, dalam tahap uji Windows 11 versi Beta sebelum secara resmi meluncur pada akhir tahun nanti.

Cara Menggunakan Aplikasi Alarm pada Windows 11
Cara Menggunakan Aplikasi Alarm pada Windows 11

Anda dapat mengakses sebagian besar fiturnya tanpa koneksi internet yang sangat membantu ketika Anda tidak memiliki ponsel untuk melakukan pekerjaan itu untuk Anda. Anda bahkan dapat mengatur alarm harian, timer, atau memeriksa waktu di zona waktu yang berbeda. Dari hemat penulis, fitur alarm pada Windows ini malah lebih lengkap ketimbang fitur alarm yang ada pada ponsel Android.

Dalam panduan kali ini, penulis akan memberikan cara menggunakan alarm pada Windows 11, menyesuaikan jam Anda, dan fitur praktis lainnya yang dapat Anda lakukan dengan fitur ini.

Cara Mengakses Aplikasi Alarm & Clock pada Windows 11

Pada bilah pencarian Windows 11 Anda, ketik alarm. Sebuah aplikasi bernama Alarm & Clock akan muncul. Klik untuk membukanya. Seperti aplikasi lain pada Windows, Anda dapat menyematkannya ke bilah tugas atau menu Mulai jika Anda ingin lebih mudah mengaksesnya pada masa mendatang. Caranya cukup klik kanan hasil pencarian dan pilih Pin to taskbar atau Pin to Start untuk melakukan ini.

Alarm dan Clock
Alarm dan Clock

Saat jendela terbuka, Anda akan menemukan empat opsi pada sebelah kiri: Timer, Alarm, Jam Dunia, dan Stopwatch. Mari kita jelajahi masing-masing dan bagaimana menggunakannya.

Opsi pada aplikasi Alarm
Opsi pada aplikasi Alarm

Cara Mengatur Timer

Fitur Timer berguna saat berolahraga, bermain game berwaktu, atau berlatih olahraga. Anda dapat mengatur waktu untuk menghitung mundur, dan Windows akan memberi tahu Anda kapan waktunya berakhir.

1. Klik Timer lalu klik Tambahkan Timer baru pada bagian kanan bawah halaman. Anda dapat menambahkan lebih banyak timer dengan mengulangi langkah ini.
2. Masukkan jam, menit, pengaturan, dan nama pengatur waktu, lalu klik Simpan.
3. Klik tombol Putar untuk memulai pengatur waktu.

Untuk mengubah pengaturan ini atau menghapus pengatur waktu, jeda dan klik pengatur waktu atau gunakan tombol Edit pada bagian kanan bawah.

Cara Mengatur Alarm

Memiliki alarm pada laptop sangat membantu ketika Anda menghindari gangguan pada ponsel Anda. Aplikasi ini bekerja seperti setiap aplikasi alarm lainnya. Anda dapat mengatur waktu tertentu, dan Windows akan memberi tahu Anda saat waktunya tiba.

1. Untuk mengatur alarm pada Windows 11 Anda, pilih Alarm dan klik Tambahkan alarm pada bagian kanan bawah.
2. Masukkan waktu, nama alarm, dan hari Anda ingin mengulanginya.
3. Klik Simpan. Anda dapat menambahkan beberapa alarm dengan mengulangi langkah ini. Pastikan PC/laptop Anda tidak dalam mode Tidur agar alarm dapat berfungsi.

Cara Mengatur Jam Dunia

Jika Anda bekerja atau bermain pada tingkat internasional, ada banyak aplikasi dan situs web di luar sana yang membantu Anda memvisualisasikan waktu seluruh dunia dengan lebih baik. Untungnya, Anda tidak membutuhkannya jika Anda menggunakan Windows 11.

Nah, untuk mengkonfigurasi jam dunia, klik Jam Dunia dan kemudian Tambahkan kota baru pada bagian kanan bawah.

1. Pada bilah pencarian, ketik dan pilih kota yang ingin Anda tambahkan. Ini akan menyematkan kota pada peta.
2. Untuk membandingkan waktu dalam berbagai kota, klik tombol Bandingkan pada sebelah kanan bawah. Anda dapat memindahkan timbangan ke kiri atau kanan dan pilih tanggal dan waktu.
3. Untuk menghapus kota, klik tombol Edit lalu klik ikon Hapus.

Cara Menggunakan Stopwatch

Seperti Stopwatch lainnya, Anda dapat menggunakan versi Windows 11 untuk mengukur waktu yang Anda butuhkan dalam menyelesaikan aktivitas tertentu. Tekan saja tombol putar, lalu biarkan berjalan saat Anda melakukan apa pun yang ingin Anda ukur.

1. Klik Stopwatch dan tekan tombol Play.
2. Hentikan arloji dengan mengklik tombol Jeda.
3. Untuk membagi waktu atau putaran, klik tombol Bendera.
4. Atur ulang stopwatch dengan mengklik tombol Reset.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Source: via

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top