Cara Mudah Mengatur dan Menggunakan VPN di Windows 10

Cara Mengatur VPN di Windows 10

Cara termudah untuk mengaktifkan dan menjalankan VPN di Windows 10 adalah dengan mengunduh aplikasi VPN dari Microsoft Store. Hal ini sama halnya seperti yang Anda lakukan di perangkat atau versi Windows sebelumnya. Menggunakan aplikasi VPN juga merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah koneksi dan juga secara otomatis dapat mempercepat koneksi.

Virtual Private Network atau VPN adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain. Dengan kata lain, VPN menghubungkan komputer atau telepon genggam ke perangkat lain di tempat yang berbeda sehingga kamu bisa mengakses internet menggunakan koneksinya.

Cara Mengatur VPN di Windows 10
Cara Mengatur VPN di Windows 10

Dulu, VPN sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk melindungi data yang sensitif. Namun kini, layanan ini semakin banyak digunakan untuk mengakses situs yang memiliki batasan koneksi. Sehingga dengan bantuan VPN ini, kamu bisa masuk pada situs tertetntu yang kamu inginkan. Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan langkah bagaimana cara menggunakan VPN di windows 10.

Cara Mudah Mengatur dan Menggunakan VPN di Windows 10

1. Pada desktop Windows 10 Anda, klik kanan tombol Start dan pilih Settings dari menu yang muncul.

2. Di jendela baru yang muncul, klik Jaringan & Internet, lalu pilih VPN dari daftar opsi koneksi di sisi kanan layar.

3. Klik Tambahkan koneksi VPN.

4. Ini akan membawa Anda ke layar konfigurasi. Di bawah penyedia VPN, klik menu tarik-turun dan pilih opsi yang bertuliskan Windows (bawaan).

5. Di bidang Nama koneksi, ketikkan nama yang ingin Anda berikan untuk koneksi khusus ini. Cobalah untuk membuat yang mudah Anda kenali sebagai koneksi VPN. Jika, misalnya, Anda menggunakan ExpressVPN dan ingin koneksi ini menjadi yang Anda gunakan untuk menyambung ke server New York, beri nama koneksi seperti “ExpressVPN, server New York.”

6. Dalam kolom Nama atau alamat server, ketikkan alamat sebenarnya dari server yang Anda sambungkan. Layanan VPN Anda akan dapat memberikan informasi ini. Pada jenis VPN, Anda akan diminta untuk memilih protokol seperti yang saya sebutkan di atas. Pilih salah satu yang digunakan layanan VPN Anda.

7. Penyedia VPN yang berbeda memiliki metode pilihan yang berbeda sehingga Anda mungkin ingin menanyakan kepada penyedia VPN Anda untuk memastikannya, tetapi untuk sebagian besar VPN pribadi yang tersedia secara komersial, Anda akan memilih Nama pengguna dan kata sandi.

8. Klik tombol Simpan.

Cara Menghubungkan VPN di Windows 10

Kembali ke halaman pengaturan Jaringan & Internet Anda, dan pilih VPN dari opsi di sisi kanan layar seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Koneksi VPN Anda yang sudah kamu buat akan muncul dalam daftar VPN dalam Windows 10. Pilih dan klik Hubungkan.

Selamat mencoba!