Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Restart Lama

Cara Mengatasi Latop Yang Restart Lama

Sama halnya dengan komputer PC, laptop pun terkadang lambat loading ketika dihidupkan. Ini disebabkan oleh beberapa faktor. Cara yang paling mudah tentu saja dengan menekan tombol CTRL+ALT+Del secara bersamaan menuju tombol Task Manager lalu memilih option End Task sebagai solusinya. Jika cara tersebut tak kunjung juga berhasil, maka dengan berat hati kita akan langsung menutup seluruh program dengan menekan tombol power.

Cara Mengatasi Latop Yang Restart Lama
Cara Mengatasi Latop Yang Restart Lama

Namun jika hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang, maka akan menyebabkan kerusakan pada hardisk, secara tidak langsung hal tersebut sama halnya dengan mematikan paksa komputer atau laptop yang kamu gunakan. Oleh karenanya akan kamu ulas dibawah ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang lama saat melakukan restart.

Langkah-Langkah Mudah Mengatasi Laptop yang Restart Lama atau Booting Lama

Lakukan Pengecekan Pada Memori RAM dan Harddisk

Salah satu penyebab laptop mengalami restart yang lama adalah bisa jadi karena terlalu banyak memori yang digunakan. baik itu memori pada RAM komputer atau memori pada Harddisk. Jika memori pada RAM sudah terlalu penuh, otomatis kinerja laptop pun akan lambat.

Cek Penggunaan Anti Virus di Dalam Laptop

Terkadang, laptop menjadi lambat karena adanya anti virus di dalamnya. Umumnya anti virus dapat mengatasi laptop agar tidak mudah terjangkit virus terutama pada saat kita melakukan browsing dan tidak sengaja menekan situs-situs yang terdapat malware.

Lakukan Setting Pada Power Option

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengatur Power Option pada bagian baterai. Caranya:

1. Klik kanan pada bagian baterai laptop, biasanya dipojok kanan bawah

2. Setelah itu, pilihlah Power Option yang letaknya di urutan kedua. Setelah diklik, kamu akan melihat banyak pilihan di bagian kiri. Klik saja pada bagian Choose What The Power Button Do.

3. Nantinya kamu kan dialihkan pada halaman berikutnya, di sana klik saja Change Settings that are Currently Unavailable.

4. Setelah berhasil masuk, kamu akan diberikan beberapa pilihan yang harus dipilih. Nah, pada bagian ini, centang saja pada bagian Turn on Fast Startup (Recommended).

5. Jika sudah dicentang, langkah selanjutnya adalah keluar dari Windows Explorer dan lakukan restart laptop untuk mengetahui apakah prosesnya berhasil atau tidak.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan jika mengalami booting laptop yang terlalu lama, tidak seperti biasanya. Selamat mencoba!