Cara Mudah Mengatasi Kamera Gagal Pada Ponsel Samsung Anda

Cara Mengatasi Kesalahan Kamera Gagal

Kesalahan kamera gagal pada ponsel Android memang sering terjadi. Terlebih pada ponsel Samsung yang kerap sekali mengalami masalah ketika Anda sedang membuka kameranya. Beberapa pengguna mengeluhkan adanya pop-up yang muncul ketika membuka kamera, yakni “Tidak dapat terhubung ke kamera“.

Cara Mengatasi Kesalahan Kamera Gagal
Cara Mengatasi Kesalahan Kamera Gagal

image source

Saat membuka aplikasi kamera pada ponsel Android, Anda akan menemui pemberitahuan kesalahan kamera. Banyak sekali variasi dari kesalahan yang muncul ketika Anda membuka kamera. Misalnya ada masalah saat menyimpan foto atau video serta kesalahan kamera muncul karena tidak dapat terhubung. Selain dengan pemberitahuan, biasanya ciri sebuah kamera error yaitu ketika Anda membukanya, kamera tidak merespon, blank hitam ataupun hasil jepretan foto tidak tersimpan.

Nah, solusi pemecahan masalah yang penulis jelaskan di bawah ini akan membantu Anda memecahkan masalah kamera yang terjadi pada ponsel Samsung Anda. Dan, semoga, Anda bisa segera kembali mengambil foto-foto keren dengan ponsel kesayangan Anda.

Jadi, mari kita mulai panduan langkah demi langkah khusus ini untuk melihat bagaimana kesalahan kamera yang gagal dapat diperbaiki pada ponsel Samsung Anda.

Cara Mudah Mengatasi Kamera Gagal Pada Ponsel Samsung Anda

Setel Ulang Pengaturan Kamera

Saat aplikasi kamera tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, Anda harus mengatur ulang pengaturannya. Lagi pula, kita berbicara tentang pengaturan default yang sudah ada pada ponsel Anda. Dengan demikian, kesalahan dapat dengan cepat teratasi bahkan dengan pengaturan ulang dalam fungsi inti dari aplikasi yang terpengaruh.

Adapun caranya masuk pada aplikasi kamera, lalu pilih opsi pengaturan, kemudian pilih pulihkan pengaturan bawaan.

Tutup Aplikasi yang Menggunakan Aplikasi Kamera

Mungkin ada konflik perangkat lunak yang membuat aplikasi kamera gagal setiap kali Anda membukanya. Untuk dapat memperbaikinya, Anda harus menutup aplikasi yang memiliki akses ke fungsi kamera.

Jadi, cukup gulir aplikasi Anda dan tutup aplikasi yang mungkin menggunakan data kamera.

Paksa-Reboot Ponsel Anda

Jika solusi pemecahan masalah sebelumnya tidak membuahkan hasul, Anda dapat mencoba yang ini sebagai gantinya dengan melakukan boot ulang paksa, Anda akan berhasil menyegarkan memori virtual dan memuat ulang aplikasi bawaan, termasuk kamera. Adapun caranya adalah:

1. Mulai tahan tombol Volume Turun dan jangan lepaskan.
2. Sambil tetap menahan Volume Turun, mulailah menekan dan menahan tombol Daya juga.
3. Tekan terus kedua tombol tersebut selama kurang lebih 10 atau 15 detik hingga proses reboot.

Masuk ke Safe Mode

Kamera yang gagal bisa saja terjadi karena mungkin disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang baru saja Anda instal. Anda dapat mengetahui apakah itu benar atau tidak dengan mencoba mengakses fungsi kamera dari safe mode.

Anda lihat, dalam safe mode semua aplikasi dan proses pihak ketiga akan dinonaktifkan secara default. Jadi, jika kamera berfungsi saat Anda berada dalam safe mode, itu berarti aplikasi pihak ketiga adalah masalah Anda. Tentu saja, dalam hal ini Anda harus menghapus aplikasi yang baru saja Anda instal satu per satu sampai Anda dapat dapat menggunakan kamera Anda seperti biasanya.

Hard Reset Perangkat Anda

Ketika semua cara atau metode tidak ada yang berhasil, hard reset adalah solusi terakhir Anda. Dengan memulihkan perangkat Anda kembali ke pengaturan pabrik, Anda dapat memperbaiki sebagian besar masalah terkait perangkat lunak.

Tentu saja, sebelum melakukan hal lain, buat cadangan data pribadi, info, akun, dan file Anda. Jika tidak, Anda akan kehilangan kontak, log panggilan, teks, gambar, video, file audio, dan semua hal lain yang mungkin masih Anda perlukan setelahnya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.