Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Minta Format Terus (Work 100% Berhasil)

Cara Mengatasi Flashdisk Error

Flashdisk merupakan salah drive penyimpanan portable yang banyak digunakan oleh orang. Karena sifatnya yang portable jadi lebih mudah dibawa kemana-mana. Jadi untuk kebutuhan saling data akan lebih memudahkan dari pada haru menggunakan hardisk eksternal. Selain harganya yang cenderung murah, juga tidak membuat ribet saat digunakan. Hal ini karena sifatnya yang bisa dibawa, mulai dengan cara dibuat kalung, dibuat gantungan atau bisa juga diletakkan dalam tas.

Namun, namanya drive pernyimpanan terkadang juga banyak yang mengalami error. Banyak masalah yang ditemukan dalam drive portable seperti flashdisk ini diantaranya minta format secara terus menerus saat dicolokkan pada perangkat komputer. Hal ini bisa saja disebabkan dengan banyak kemungkinan. Mulai dari komputernya atau bisa memang dari drive penyimpanannya yang sudah rusak.

Cara Mengatasi Flashdisk Error
Cara Mengatasi Flashdisk Error

Jika kamu sedang mengalami masalah seperti di atas, flashdisk selalu muncul format secara terus menerus, maka saat ini kamu berada pada tempat yang tepat. Disini penulis akan memberikan cara atau langkah bagaimana mengatasi permasalahan di atas. Flashdisk yang tidak bisa digunakan karena setiap dicolokkan pada USB komputer selalu muncul format yang tidak berkesudahan.

Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Minta Format Terus (Work 100% Berhasil)

#1 Menggunakan Command Prompt

1. Pertama, silahkan masukkan terlebih dahulu flashdisk yang kamu miliki,kemudian pastikan drive letternya sudah kamu ketahui, misalnya berada pada drive I, H atau yang lainnya.

2. Selanjutnyakn buka Command Prompt, klik kanan Run as Administrator. Kemudian cobalah dengan menjalankan perintah di bawah ini.

chkdsk /f /r /x i:

i: disini sebagai drive letter dari flashdisk kamu

3. Kemudian Enter. Tunggu proses hingga selesai. Jika sudah, tinggal tutup jendela Command Prompt dan coba akses flashdisk, sudah normal atau belum.

#2 Menggunakan TestDisk

1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi TestDisk jika kamu masih belum memilikinya, kemudian Ekstrak hasil download file .zip tersebut.

2. Kemudian pilih No Log lalu tekan Enter. Setelah itu pilih flashdisk anda, bisa anda lihat dari besar ukurannya. Selanjutanya tekan Enter.

3. Pilih Intel/PC partition, lalu tekan Enter. Kemudian pilih Analyse, lalu tekan Enter.

4. Maka akan muncul pilih Analyse => Quick Search kemudian tekan Enter. Tunggu prosesnya hingga selesai.

5. Pada tahap ini akan muncul pilihan 1 * FAT32…. gunakan tombol arah panah kanan-kiri dan ubah * menjadi P, maka hasilnya akan 1 P FAT32… kemudian pilih Enter.

6. Pilih kembali Write, silahkan konfirmasi dengan pilih huruf kemudian Enter. Selanjutnya anda pilih Rebuild BS kemudian tekan Enter.

7. Kemudian anda pilih lagi Write lalu tekan Enter. pilih Y untuk melanjutkan. Setelah itu tutup jendela TestDisk kemudian coba akses flashdisk anda, sudah normal atau belum.

Jika drive penyimpanannya masih baik seharusnya flashdisk akan kembali normal seperti biasanya. Selamat mencoba!