Cara Mudah Mengambil Screenshot di Windows 10 tanpa Menggunakan Keyboard

Cara Screenshot Pada Windows 10

Mengambil screenshot pada Windows 10 memiliki banyak cara, dan yang paling unik adalah mengambilnya tanpa menekan tombol keyboard. Bagaimana bisa Anda mengambil tangkapan layar tersebut tanpa menekan tombol Prt Scrn pada keyboard Anda?

Cara Screenshot Pada Windows 10
Cara Screenshot Pada Windows 10

image source

Semua bisa Anda lakukan dengan mudah bagi pengguna Windows 10. Windows 10 memang kaya fitur namun tidak banyak orang yang mengetahuinya dan juga memanfaatkannya dengan baik. Seperti cara mengambil screenshot yang kebanyakan pengguna masih saja hanya mengandalkan tombol Prt Scrn pada keyboard laptop ataupun PC Anda. Ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki keyboard rusak, tetapi Anda perlu mengambil tangkapan layar. Oleh karenanya, berikut ini penulis berikan cara yang bisa Anda coba untuk mengambil tangkapan layar tanpa keyboard, cukup mengandalkan Mouse saja.

Cara Mudah Mengambil Screenshot pada Windows 10 tanpa Menggunakan Keyboard

#1 Menggunakan Aplikasi Snip & Sketch

Snip & Sketch merupakan aplikasi bawaan Windows 10 yang bisa tidak banyak orang menggunakannya. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa mengambil tangkapan layar dan juga beberapa opsi lainnya. Tidak hanya itu, selain mengambi tangkapan layar, Anda juga bisa memberikan anotasi sesuai dengan keinginan Anda. Berikut cara menggunakannya.

1. Untuk menjalankan Snip & Sketch tanpa keyboard, buka menu Start dan cari “Snip & Sketch” dalam daftar aplikasi sesuai abjad. Klik ikonnya untuk membukanya.
2. Setelah jendela Snip & Sketch terbuka, klik tombol “Baru” pada bagian pojok kiri atas.
3. Dengan menggunakan toolbar yang muncul pada bagian atas layar, Anda dapat melakukan tangkapan layar persegi panjang, bentuk bebas, bentuk jendela, atau bahkan tangkapan layar layar penuh. Anda bisa memilih opsi yang cocok dengan apa yang ingin Anda gunakan, lalu pilih bagian layar jika perlu untuk mengambil tangkapan layar tersebut.
4. Setelah menyeret Mouse untuk area tangkapan layar, Anda akan melihat pratinjau hasilnya pada jendela Snip & Sketch. Untuk menyimpan tangkapan layar, klik tombol “Simpan”, yang terlihat seperti disket kecil pada bagian pojok kanan atas.
5. Sekarang Anda cukup mencari lokasi tempat penyimpanan Anda ingin menyimpan tangkapan layar tersebut. Hal menarik tentang Snip & Sketch adalah secara otomatis memberi nama tangkapan layar Anda dengan stempel waktu sehingga Anda tidak memerlukan keyboard untuk mengetik nama baru. Jika Anda sudah siap, klik “Simpan“.
6. Maka, tangkapan layar Anda sekarang telah disimpan.

Jika Anda merasa nyaman dan akan mengambil banyak screenshot dengan cara ini, maka Anda mungkin perlu memasang pin pada aplikasi Snip & Sketch ini ke taskbar Anda. Sehingga saat Anda akan mengaksesnya menjadi lebih mudah dan cepat. Untuk melakukannya, klik kanan pada ikon Snip & Sketch dan pilih “Pin ke taskbar”.

#2 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jenis aplikasi pihak ketiga yang penulis rekomendasikan adalah menggunakan aplikasi Lighshot untuk mengambil tangkapan layar pada laptop atau PC Anda. Aplikasi ini sangat sederhana tetapi memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa mengubah tombol tangkapan layar menggunakan tombol apa saja selain Prt Scrn pada keyboard. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengambil tangkapan layar tanpa menyentuh keyboard sekalipun.

Lightshot sendiri merupakan program aplikasi yang ukuran kapasitasnya sangat kecil hanya sekitar 2.60 MB, dan bukan itu saja bahkan sangat ringan digunakan ketika akan mengambil screenshot pada layar komputer atau laptop anda. Selain itu, Lightshot juga menyediakan share hasil tangkapan layar yang dapat Anda bagikan langsung kepada rekan-rekan anda untuk keperluan tertentu. Bagaimana caranya, lihat beberapa langkahnya di bawah ini.

1. Instal aplikasi Lightshot yang sudah Anda download, pada tampilan interface Select Setup Language pilih English lalu OK. Ikuti petunjuk instalasinya.
2. Tunggu proses instal sampai selesai, lalu pilih Finish.
3. Cara melakukan tangkapan layar dengan lightshot, pilih ikon lightshot (seperti gambar daun) pada area Taskbar Anda (biasanya terletak pada bagian kanan). Lalu seleksi area yang ingin di ambil dengan klik kiri mouse dan tahan lalu seret sesuai area yang Anda inginkan.
4. Ada beberapa fungsi pada aplikasi Lightshot, anda bisa menambah tulisan informasi, panah untuk petunjuk arah, merubah warna dan catatan pada gambar.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.