Cara Mudah Mengakses Printer yang Telah Dishare

Cara Mudah Mengakses Printer Yang di Share

Biasanya di perkantoran pun menerapkan sharing printer, tujuannya untuk menghemat biaya. Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika satu komputer harus memiliki printer masing-masing, sedangkan penggunaan komputer ataupun laptop di kantor bisa mencapai puluhan dan bahkan ratusan untuk perusahaan besar.

Cara Mudah Mengakses Printer Yang di Share
Cara Mudah Mengakses Printer Yang di Share

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu perlu mengetahui yang namanya sharing printer, dengan meggunakan sharing printer maka kamu hanya perlu menggunakan 1 buah printer saja, untuk semua komputer yang sudah terhubung dalam satu jaringan. baca: Cara Mudah Sharing Printer di Komputer.

Cara Mudah Mengakses Printer yang Telah Dishare

1. Pastikan kamu mengaktifkan Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Selanjutnya pilih Save changes.

2. Selanjutnya, Buka File Explorer bisa dengan cara menekan tombol Windows + E kemudian pilih Network. Klik nama komputer yang telah terhubung dengan printer, contohnya: DESKTOP-XXXX. Untuk nama komputer lain yang juga muncul ‘kemungkinan‘ itu nama komputer Anda sendiri, jadi abaikan saja.

3. Nah, kemudian akan terlihat apa saja yang telah disharing oleh komputer tersebut dimana salah satunya adalah printer tersebut. Klik kanan pada printer kemudian pilih Connect. Tunggu sampai proses Connecting selesai.

4. Setelah selesai, Anda sudah bisa mencetak dokumen Anda dengan menggunakan printer yang disharing tersebut.

Yang perlu kamu ketahui, saat akan mencetak dokumen, Anda harus memilih nama printer tersebut. Pastikan Anda memilih printer yang statusnya Ready.