Cara Mudah Memperbaiki Bug Koneksi “Tidak Ada Internet” Pada Windows 10 Setelah Update

Memperbaiki Bug Koneksi Pada Windows 10

Pembaruan Mei 2020 masih menyisakan bug koneksi pada windows 10. Walaupun sebenarnya dalam pembaruan tersebut telah menerima perbaikan untuk bug utama dalam tambalan bulanan Microsoft untuk bulan Juli. Akan tetapi tampaknya pembaruan bulan Mei 2020 tersebut memiliki masalah lain yang belum ditambal dan akhirnya diakui oleh Microsoft.

Memperbaiki Bug Koneksi Pada Windows 10
Memperbaiki Bug Koneksi Pada Windows 10

image source

Microsoft telah mengakui bahwa Windows 10 versi 2004 menampilkan peringatan koneksi internet palsu untuk beberapa PC. Setelah semua settinga Internet benar, namun yang muncul tetaplah “tidak ada Internet”. Ini tentunya akan sangat membingungkan bagi Anda yang tengah sedang bekerja dengan koneksi internet.

Banyak pengguna yang telah melaporkan bahwa segitiga kuning yang pengguna takuti akan muncul pada system tray dan melaporkan bahwa mereka memiliki “No Internet Access” walaupun kenyataannya sudah terhubung ke Internet. Kesalahan akan muncul ketika perangkat Anda terhubung ke router dengan benar tetapi sepertinya Windows 10 tidak dapat terhubung ke internet. Masalah ini banyak yang meresahkan pengguna sehingga harus melakukan instal ulang kembali PC atau laptopnya.

Hal ini juga pernah penulis alami. “Laptop sudah penulis reboot berkali-kali, kemudian mengatur ulang router dan menginstal ulang adaptor nirkabel jaringan. Namun semua hal yang penulis lakukan masih ada pesan yang sama, Tidak Ada Internet“. Masalah ini sudah banyak yang mengkonfirmasinya dari pengguna lain.

Meskipun Anda dapat menjelajahi web pada browser Anda, tampaknya aplikasi seperti Spotify, Cortana, Microsoft Store, dan bahkan Hub Umpan Balik mengandalkan status internet Windows 10 untuk menjangkau server. Dengan kata lain, Spotify dan aplikasi lain mungkin tidak berfungsi saat Anda mendapat peringatan koneksi internet palsu.

Selain itu, ada laporan yang berasal dari ketika Pembaruan Windows 10 Mei 2020 hanya tersedia untuk penguji pada Cincin Pratinjau Rilis. Akan tetapi mereka yang telah meningkatkan ke Pembaruan Mei 2020 baru-baru ini, juga telah menemukan peringatan itu sendiri dalam pengujian mereka.

Nah, dalam kesempatan ini penulis akan memberikan beberapa langkah untuk mengatasi masalah “tidak ada internet” setelah melakukan pembaruan Windows 10. Cara ini sudah penulis lakukan, dan hasilkan berhasil.

Cara Mudah Memperbaiki Bug Koneksi “Tidak Ada Internet” Pada Windows 10 Setelah Update

Untuk memperbaiki peringatan tidak ada koneksi internet setelah memutakhirkan ke Windows 10 versi 2004, ikuti langkah-langkah berikut:

Cara 1:

1. Buka Pencarian Windows.
2. Cari ‘Registry Editor‘.
3. Kemudian arahkan ke “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\NlaSvc\Parameters\Internet
4. Lalu ubah ke “EnableActiveProbing” dan ubah nilai dari ‘0’ menjadi ‘1’
5. Klik ‘OK‘.
6. Tutup Peninjau Suntingan Registri.
7. Restart komputer Anda.

Jika Cara ini masih belum membuahkan hasil, Anda dapat melakukan langkah kedua.

Cara 2:

Jika cara di atas gagal mengatasi masalah Anda, maka Anda dapat melakukan downgrade Windows 10 Anda. Yakni dengan menghapus pembaruan yang sudah terjadi dan kembali pada Windows 10 sebelumnya. Adapun caranya adalah:

1. Masuk pada Control Panel dengan cara menekan Windows + R, kemudian ketikkan ‘control
2. Pilih Uninstall Program => View Installed Updates
3. Anda bisa mengecek pembaruan terkini melalui tanggal pada bagian samping. Kemudian Uninstal, untuk menghapus pembaruan tersebut.
4. Tunggu hingga prosesnya selesai.
5. Lakukan Reboot, maka Windows 10 Anda akan kembali normal.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.