Membuat Folder di CMD

Cara Mudah Membuat Folder di Windows Lewat CMD

Membuat folder merupakan hal yang mudah dilakukan dan penting diketahui oleh pengguna komputer ataupun laptop. Biasanya orang membuat folder langsung pada Windows Explorer. Namun kali ini saya akan memberikan cara bagaimana membuat folder tanpa masuk pada Windows Explorer, yaitu dengan menggunakan Command Prompt (CMD).

Membuat Folder di CMD
Membuat Folder di CMD

CMD (Command Prompt) atau DOS Prompt adalah sebuah command line interfaces (CLI) pada sistem operasi windows untuk mengeksekusi file dengan cara memasukan perintah-perintah menggunakan keyboard. Inilah langkah untuk membuat folder dengan menggunakan CMD.

Cara Mudah Membuat Folder di Windows Lewat CMD

1. Pertama, buka Command Prompt di komputer kamu dengan cara tekan Windows + R, lalu ketikkan cmd kemudian klik Ok.

2. Ketika Command Prompt terbuka, drive yang aktif defaultnya adalah (C:). Jika kamu ingin mengubah drive (C:) ke drive (D:), kamu tinggal ketikkan D: kemudian Enter, maka kamu akan berpindah ke drive (D:).

3. Jika kamu ingin membuat folder baru, maka kamu menggunakan perintah mkdir [nama_folder]. Misal kamu akan membuat folder DATA, maka ketikkan perintah mkdir DATA kemudian Enter.

4. Jika kamu ingin membuat folder baru di dalam folder, kamu cukup ketikkan cd [nama folder]. Contohnya saya akan menyimpan folder baru kedalam folder DATA maka saya harus mengetik cd data kemudian Enter. Maka akan masuk dalam folder DATA tersebut

5. Untuk membuat folder barunya, kamu cukup menggunakan perintah mkdir seperti di atas.

6. Kamu juga bisa membuat beberapa folder dengan sekaligus dengan menggunakan perintah md. Contohnya saya akan membuat folder baru dengan nama Master, Solusi dan Tips, maka saya harus mengetikkan perintah md Master Solusi Tips kemudian Enter.

7. Jika kamu ingin membuat folder baru dengan 2 suku kata atau lebih dengan spasi, kamu bisa menggunakan perintah md [“nama folder”]. Contohnya jika kamu akan membuat folder baru dengan nama Data Master maka saya harus mengetikkan perintah md “Data Master”. Bedanya hanya dengan menggunakan tanda kutip dua (“).

Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top