Cara Mudah Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

Cara Mematikan Auto Download di WhatsApp

Seringkali terjadi, di penyimpanan smartphone kita penuh, dan ketika ditelisik, biangnya adalah media WhatsApp. Ini adalah foto atau video yang terunduh otomatis dari grup WhatsApp atau kiriman teman Anda. Jika Anda tidak melakukan penyetelan ulang, hal ini akan selalu terjadi. Apalagi menyangkut soal Kuota internet yang kita miliki. Kuota internet bisa saja akan terkuras habis hanya gara-gara Media WhatsApp yang menyimpan secara otomatis semua file kiriman di WhatsApp.

Cara Mematikan Auto Download di WhatsApp
Cara Mematikan Auto Download di WhatsApp

Awalnya fitur berbagi image, video, meme, dan GIF di WhatsApp ini merupakan sebuah hal yang menarik. Berjalannya waktu, banyak pengguna yang mengeluhkan penyimpanan di smartphone mereka penuh oleh kiriman foto yang kurang menarik. hal ini terjadi tanpa sadar karena pengaturan WhatsApp secara default akan otomatis mendownload semua file yang dikirim. Lalu bagaimana cara mematikan fitur tersebut?

Cara Mudah Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

1. Pertama Buka terlebih dahulu Aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall.

2. Lalu klik pada Tombol Menu dan kemudian Settings. Selanjutnya klik Media auto-download, disini anda dapat mengatur opsi Auto Download ketika terhubung dengan Mobile Data dan WiFi.

3. Pilih When Using Mobile Data, lalu Hapus semua centang pada media yang ingin anda block agar tidak mendownload secara otomatis ketika menggunakan mobile data. Kemudian When Using WiFi, juga hapus semua tanda centang yang ada, untuk membuat lega media penyimpanan anda.

Nah, dengan begitu WhatsApp tidak akan lagi mendownload semua File yang masuk tanpa persetujuan pengguna.