Kapasitas Flashdisk Berkurang

Cara Mudah Kembalikan Kapasitas Flashdisk Yang Berkurang/Hilang

Apa anda pernah mengalami masalah kapasitas flashdisk berkurang atau hilang? Tentu, hal ini sangat membuat kita kecewa. Mengingat fungsi flashdisk sebagai media penyimpanan data yang populer dan hampir dimiliki oleh semua pengguna gadget.

Perangkat ini sering dijadikan pilihan untuk menyimpan serta transfer file antar perangkat. Kalian juga bisa menjadikan flashdisk sebagai media penyimpanan sementara.

Cara Mudah Kembalikan Kapasitas Flashdisk Yang BerkurangHilang
Cara Mudah Kembalikan Kapasitas Flashdisk Yang Berkurang/Hilang

Sumber Gambar

Dibalik ukuran flashdisk yang kecil dan tersedia dalam banyak varian kapasitas, menjadikannya pilihan dibandingkan media penyimpanan yang lain.

Tentunya, kamu bisa membawanya ke mana saja karena tidak memerlukan banyak tempat. Bahkan kamu juga bisa menggantungnya di leher sebagai sebagai aksesoris. Adapun varian kapasitas flashdisk, dimulai dari, 4 GB, 8 GB, 16 GB, dan seterusnya. Sepertinya, untuk ukuran kapasitas akan terus mengalami peningkatan guna memenuhi kebutuhan pengguna.

Namun, terkadang ada saja masalah yang akan kamu temui ketika menggunakan flashdisk. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah data tiba-tiba berkurang atau bahkan hilang. Seperti kapasitas flashdisk awal 16 GB, secara tiba-tiba hanya tersisa 8 GB.

Nah, sebelum kamu mengetahui bagaimana mengembalikan kapasitas flashdisk tersebut, kamu perlu tahu apa penyebab masalah itu terjadi.

Virus

Penyebab utama kapsitas flashdisk berkurang atau hilang adalah karena virus. Secara tidak sadar, ketika kamu mencolokkan flashdisk ke komputer atau laptop yang sudah terjangkit virus. Virus akan menyebar ke flashdisk yang mengakibatkan file di dalamnya tidak terbaca oleh sistem.

Biasanya, file tersebut akan berubah menjadi shortcut. Tak hanya itu, virus atau malware bisa berakibat lebih parah seperti kapasitas flashdisk tiba-tiba berkurang. Bahkan sampai menjadi 0 Bytes dan tidak bisa kamu gunakan kembali.

Cara Kembalikan Kapasitas Flashdisk yang Berkurang/Hilang

Cara mengembalikan kapasitas flashdisk yang hilang bisa kamu lakukan tanpa install aplikasi apa pun. Hanya saja, kamu perlu memanfaatkan tools bawaan sistem operasi Windows. Tools tersebut bernama Diskpart. Simak langkah-langkahnya dibawah ini!

  • Colokkan flashdisk ke komputer maupun laptop
  • Jika kamu mempunyai file penting di dalam flashdisk, kami sarankan untuk memindahkannya terlebih dahulu ke harddisk atau bisa juga ke flashdisk lainnya.
  • Selanjutnya, silakan masuk ke Menu Start. Di kolom pencarian kamu tinggal mengetik Diskpart
  • Klik kanan dan pilih Run as administrator dan sekarang seharusnya kamu berada di tampilan Diskpart
  • Tampilan Diskpart mirip dengan tampilan CMD. Silakan kamu ketik perintah list disk dan tekan Enter. Perintah ini akan menampilkan kumpulan daftar penyimpanan di komputer/laptop
  • Lalu, pilih penyimpanan flashdisk. Jika kamu hanya mencolokkan satu flashdisk, maka posisi flashdisk ada di Disk 1. Jika kamu mencolokkan beberapa flashdisk, kamu hanya perlu mengidentifikasinya dengan melihat kapasitas masing-masing flashdisk
  • Kita anggap flashdisk tersebut berada di Disk 1, sekarang kamu ketik perintah select disk 1 dan tekan Enter
  • Langkah berikutnya, ketik perintah clean dan tekan Enter. Perintah ini akan otomatis melakukan cleaning atau dalam hal ini kapasitas flashdisk akan kembali seperti semula. Silakan tunggu beberapa saat hingga proses cleaning selesai
  • Agar bisa membuat partisi primary di flashdisk pasca cleaning, kamu bisa lakukan perintah create partition primary, lalu tekan Enter
  • Lalu, aktifkan partisi tersebut dengan mengetikkan perintah active
  • Selanjutnya adalah proses pemformatan flashdisk. Silakan ketik perintah format fs=ntfs quick. Sebagai tambahan, kamu juga dapat mengganti tipe file sistem flashdisk ke FAT32 dengan mengetik perintah fs=fat32
  • Terakhir, lakukan mount flashdisk dengan mengetik perintah assign, lalu tekan Enter

Lakukan pengecekan pada kapasitas flashdisk kamu, dan seharusnya kapasitas flashdisk sudah kembali normal seperti semula.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top