Cara Mudah Belajar Desain Grafis Otodidak Sampai Bisa !

Desain Grafis

Desain grafis merupakan lahan yang sangat subur saat ini, terutama dengan berkembangnya media sosial berbasis visual. Semua orang berusaha berlomba-lomba membuat feed yang keren dan menarik. Tidak hanya foto, kadang orang juga butuh menambahkan beberapa hal dalam posting-an fotonya.

Desain GrafisDesain Grafis РSource : joinnexthomecr.com

Idealnya, seorang desainer grafis memang mengenyam pendidikan formal di perguruan tinggi atau sekolah desain agar kemampuannya bisa terasah. Namun, buat kamu yang sudah terlanjur kuliah dan belajar di jurusan non-seni atau desain, tetapi suka desain kamu bisa coba belajar sendiri.

Beikut Ini 5 tips asik belajar desain grafis secara otodidak

1. Belajar dari yang sudah berpengalaman

Meskipun kamu ingin belajar sendiri, jangan malu untuk bertanya beberapa trik ke teman-temanmu yang sudah pro di bidang desain. Tidak terbatas dari teman saja, mencari tutor di youtube pun juga bisa.

2. Cari inspirasi seluas mungkin

Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari berbagai situs di internet yang memungkinkan semua orang berbagi ide dan hasil karyanya. Beberapa yang cukup bagus terkenal, Pinterest,dribble, dll.

3. Amati sekitarmu

Kalau kamu memang sudah tertarik dengan desain, kamu pasti peka dengan segala macam baliho, spanduk, logo toko yang kamu lewati saat di jalan. Kamu jadi lebih mudah memberikan penilaian tentang warna, bentuk, dan aspek-aspek di dalamnya.

4. Buat moodboard

Moodboard ini biasanya digunakan ketika kita akan membuat suatu proyek dengan menggabungkan gambar-gambar dengan warna yang senanda yang ingin kita gunakan dalam satu desain. Ini juga bisa kamu lakukan untuk mengasah kepekaanmu terhadap warna dan gambar, sekaligus membuat persiapan seperti apa desainmu nanti.

5. Buat proyek independen

Kalau kamu masih pemula, kamu pasti belum bisa dapat banyak proyek desain. Tenang, kamu buat proyek sendiri. Misalnya, kamu pura-pura akan buat toko buku, kira-kira kamu ingin logonya seperti apa, apa warna dominan yang akan kamu gunakan untuk tokomu, bagaimana kamu ingin mengemas kantong belanja di tokomu.

Nah, itulah beberapa tips belajar desain secara otodidak, tentunya masih banyak lagi cara belajar desain otodidak. semoga bermanfaat dan membantu.