Cara Menyambungkan Pengontrol Xbox One Ke Windows 10

Cara Menyambungkan Pengontrol Xbox One Ke Windows 10

Sekarang ini Anda dapat menyambungkan Pengontrol Xbox One ke Laptop /PC Windows 10 Anda dengan mudah. Sehingga nantinya Anda dapat memainkan game pada PC Anda dengan menggunakan Pengontrol, jadi bukan lagi menggunakan keyboard.

Menyambungkan Pengontrol Xbox One Ke Windows 10
Menyambungkan Pengontrol Xbox One Ke Windows 10

Menggunakan Pengontrol saat bermain game merupakan hal membuat Anda semakin asyik dan menarik. Bahkan Anda akan bisa lebih nyaman dan senang ketika bermain. Jika Anda sebelumnya menggunakan keyboard, tentunya banyak hal yang tidak menyenangkan bagi Anda, apalagi Anda perlu menekannya dengan berbagai macam kombinasi yang menyulitkan bagi Anda. Berbeda jika Anda menggunakan Pengontrol Xbox One yang membuat permainan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Beberapa permainan komputer sering kali juga membutuhkan pengontrol, karena jika Anda menggunakan keyboard kurang memungkinkan dengan permainan yang lebih agresif. Salah satu pengontrol terbaik yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan pengontrol Xbox One dari Microsoft, yang juga dapat Anda gunakan dengan mudah pada Windows 10.

Anda dapat menggunakannya melalui kabel ataupun nirkabel. Menyambungkan pengontrol akan membuat Anda bermain game dengan sangat mudah. Oleh karenanya dalam panduan ini Penulis akan memandu Anda melalui semua cara berbeda untuk menghubungkan pengontrol Xbox One ke komputer Windows 10 Anda dan cara mengonfigurasinya agar dapat berfungsi dengan baik.

Cara Menghubungkan Pengontrol Xbox One Anda ke Windows 10

Cara ini dapat Anda gunakan untuk perangkat apapun yang menggunakan Windows 10 maupun Windows 11. Ada tiga cara berbeda yang bisa Anda lakukan untuk menghubungkan pengontrol Xbox One Anda ke perangkat Windows Anda. Metode yang Anda pilih akan tergantung pada apakah Anda ingin menggunakan kabel atau nirkabel.

1. Menggunakan Kabel USB

Anda dapat menggunakan kabel micro-USB yang disertakan dengan pengontrol untuk membuat sambungan kabel ke perangkat Anda. Cukup colokkan kabel USB ke komputer Anda dan kemudian colokkan ujung lainnya ke bagian depan pengontrol Anda. Sambungan akan dibuat dan pengisian daya akan segera dimulai.

2. Menggunakan Adaptor Nirkabel (Wireless)

Untuk bisa menghubungkannya melalui Wireless, Anda memerlukan Adaptor Nirkabel Xbox One untuk Windows 10. Adaptor ini mungkin juga disertakan dengan pengontrol Anda, akan tetapi Anda juga dapat membelinya secara terpisah. Ingat, bahwa ini adaptor ini berbeda dengan adaptor untuk pengontrol Xbox 360, yang tidak akan berfungsi untuk pengontrol Xbox One.

Adapun caranya yang bisa Anda lakukan adalah ambil Adaptor Nirkabel dan hubungkan ke port USB pada komputer Anda. Maka Anda mungkin perlu menggunakan USB extender jika port berada pada bagian belakang komputer Anda atau tidak memiliki garis pandang yang baik ke pengontrol.

Selanjutnya tahan tombol Xbox pada pengontrol Anda untuk menyalakannya. Sekarang tekan tombol pada adaptor. Kemudian tekan tombol ikat pada pengontrol Anda, yang terletak di dekat bagian atas. LED pada pengontrol akan berkedip saat mencari sambungan dan akan menyala setelah tersambung.

3. Menggunakan Bluetooth

Anda juga dapat menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan pengontrol Anda. Tentu saja, komputer Windows 10 Anda perlu mendukung Bluetooth. Nampaknya, jika Anda menggunakan Laptop, maka biasanya laptop akan memiliki Bluetooth bawaan yang tidak perlu Anda menginstalnya.

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua pengontrol Xbox One mendukung Bluetooth. Jika Anda membelinya baru dalam beberapa tahun terakhir ini, itu pasti ada. Akan tetapi jika Anda membelinya bekas atau versi lama mungkin masih tidak mendukungnya.

Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan melihat sekeliling logo Xbox pada pengontrol. Jika plastiknya sama dengan pengontrol tanpa jahitan, itu mendukung Bluetooth. Jika ada pemisahan antara wajah pengontrol dan logo, itu tidak ada.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top