Cara Menutup Paksa Aplikasi di Mac OS

Tutup Paksa Aplikasi di Mac OS

Apa kalian tahu cara menutup paksa aplikasi yang sedang berjalan di Mac? Jika pada Windows 10 ada fitur Task Manager, maka di Mac juga ada yang namanya Activity Monitor. Fungsinya pun kurang lebih sama dengan Task Manager pada Windows 10. Pada Activity Monitor, kamu dapat melihat proses dan aplikasi apa saja yang sedang berjalan di Mac kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berapa presentase RAM, CPU dan DISK yang sedang digunakan. Serta kamu pun dapat menutup paksa sebuah aplikasi di Mac melalui Activity Monitor.

Cara Menutup Paksa Aplikasi di Mac OS
Cara Menutup Paksa Aplikasi di Mac OS

Sumber Gambar

Kenapa harus menutup paksa? Kan bisa langsung di close saja pada jendela aplikasi?

Btw, kalian pasti pernah mengalami masalah pada aplikasi karena hang atau freeze. Sehingga kalian tidak bisa menutupnya dengan mengklik tombol Close seperti biasanya. Sebab itu, kalian dapat menggunakan Activity Manager yang ada pada Mac.

Tutup Paksa Aplikasi di Mac OS

Jalankan Launchpad, atau bisa langsung mengetuk tombol F4 di keyboard Mac kamu. Lalu, pilih aplikasi bernama Monitor Aktivitas (Activity Monitor).

Kemudian, jendela Monitor Aktivitas akan terbuka dan akan menampilkan seluruh daftar aplikasi yang sedang berjalan (termasuk aplikasi sistem). Pilih aplikasi yang ingin kalian tutup secara paksa, kemudian ketuk tombol X.

Akan muncul pop-up berisi konfirmasi Apakah Anda yakin ingin menutup proses ini? Ketuk tombol Tutup jika kamu ingin menutupnya, atau kamu juga bisa pilih tombol Tutup Paksa jika aplikasi mengalami hang.

Nah, kini aplikasi yang kamu tutup tadi telah berhenti berjalan. Dan apabila kamu cek pada Dock, aplikasi tersebut sudah tidak ada lagi (Aplikasi sudah tidak berjalan lagi).

Sedikit mengingatkan, pada saat kalian berada di jendela Activity Monitor, disitu ada banyak nama aplikasi dan proses yang sedang berjalan. Jangan menutup aplikasi atau proses sembarangan, ya!

Karena banyak diantara proses tersebut merupakan aplikasi sistem yang memang harus tetap berjalan agar Mac bisa digunakan secara maksimal. Jangan sembarangan menutup aplikasi sistem yang kamu tidak ketahui.

Bisa-bisa Mac kamu akan mengalami masalah ringan (seperti hang, dan semacamnya), meskipun dapat diatasi dengan mudah, yakni dengan me-restart-nya. Sangat mudah, bukan? Semoga artikel ini membantu!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.